Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Sekolah : SMP Negeri 1 Kedungwuni
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti
Kelas/ Semester : VII/1
Materi Pokok : Semua Bersih Hidup jadi
Nyaman
Alokasi Waktu : 2 pertemuan (6 JP)
A. Kompetensi Inti
KI 1
KI 2
|
:
:
|
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
KI 3
|
:
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
|
KI4
|
:
|
Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudutpandang/teori.
|
B.
KOMPETENSI DASAR
1.7 Menghayati
ajaran bersuci dari hadas kecil dan hadas besar berdasarkan syariat Islam.
2.7 Menunjukkan
perilaku hidup bersih sebagai wujud ketentuan bersuci dari hadas besar
berdasarkan ketentuan syariat.
3.7 Memahami ketentuan bersuci
dari hadas besar berdasarkan ketentuan syariat Islam.
4.7 Menyajikan cara bersuci dari
hadas besar.
C.
INDIKATOR
1.7.1 Mematuhiajaran bersuci dari hadas kecil dan hadas
besar berdasarkan syariat Islam.
1.7.2 Mematuhi ajaran bersuci dari najis berdasarkan
syariat Islam.
2.7.1 Membiasakan diri dengan perilaku hidup bersih di
lingkungan rumah.
2.7.2 Membiasakan diri dengan perilaku hidup bersih di
lingkungan sekolah.
3.7.1 Menjelaskan
pengertian taharah.
3.7.2 Menyebutkan
pembagian najis.
3.7.3 Menyebutkan contoh-contoh najis.
3.7.4 Menjelaskan cara menyucikan najis.
3.7.5
Menyebutkan pembagian hadas.
3.7.6 Menyebutkanhal-hal yang
menyebabkan hadas kecil.
3.7.7 Menyebutkanhal-hal yang
menyebabkan hadas besar.
3.7.8 Menyebutkan rukun wudu.
3.7.9 Menyebutkan rukun mandi wajib.
4.7.1 Menyajikan bagan ketentuan tentang hadas besar.
4.7.2 Memperagakantata cara mandi wajib.
D.
Materi Pembelajaran
Pertemuan
ke-1
a.
Pengertian taharah.
b.
Macam-macam najis dan contohnya.
c.
Cara menyucikan najis.
Pertemuan
ke-2
a. Pengertian dan macam-macam
hadas.
b. Hal-hal yang menyebabkan hadas kecil.
c. Hal-hal yang menyebabkan hadas besar.
d. Rukun
wudlu.
e. Rukun mandi wajib
E.
Langkah-Langkah Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pertemuan
ke-1
a. Pendahuluan (10 menit)
1)
Guru membuka pembelajaran dengan salam dan
berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
2)
Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Qur’ān surah pilihan yang dipimpin
oleh salah seorang peserta didik.
3)
Guru memberikan tausiyah yang berhubungan
dengan thaharah.
4)
Guru menyampaikan kompetensi dasar dan
indikator yang akan dicapai.
5)
Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan
dilaksanakan dalam pembelajaran.
b. Kegiatan inti (90 menit)
Orientasi
1) Guru mengondisikan suasana belajar dengan game tepuk tangan.
2) Guru membagi siswa menjadi3
kelompok.
Merumuskan masalah
3) Disediakan gambar untuk 3 kelompok, gambar binatang
anjing, bangkai tikus, danbayi
laki-laki pipis.
4) Masing-masing kelompok menuliskan masalah terkait
dengan gambar yang diterima dihubungkan dengan najis.
Jika diperlukan untuk memudahkan,siswa dibimbing dengan menggunakan kata tanya “apakah”, “bagaimana”, dan “mengapa”. Tiap kelompok
menuliskan minimal 2 masalah.
Merumuskan hipotesis
5) Gambar dan rumusan masalah dirotasi dengan kelompok
yang lain.
6) Kelompok yang menerima mencermati dan mememilih 1
masalah yang paling menarik untuk bisa
diselesaikan.
Mengumpulkan data
7) Tiap kelompok mencari data/ informasi yang
diperlukan dari berbagai sumber.
8) Tiapkelompok menginventarisasi
dan menuliskan berbagai alternatif
jawaban/ penyelesaian dari masalah tersebut.
Menguji hipotesis
9) Mendiskusikan berbagai alternatif jawaban untuk
dipilih yang paling tepat.
Merumuskan simpulan
10)
Tiap kelompok merumuskan simpulan dan
disajikan dalam bentuk gambar dan informasi.
11) Tiap kelompok memajang hasilnya pada dinding kelas.
c. Penutup (20 menit)
1) Guru memberikan apresiasi
dan penguatan materi.
2) Guru bersama peserta
didik merumuskan simpulan.
3) Guru bersama-sama
peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
4) Guru menyampaikan kegiatan
yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.
5) Guru bersama-sama
para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.
2.
Pertemuan
ke-2
a.Pendahuluan (10 menit)
1)
Guru membuka pembelajaran dengan salam dan
berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
2)
Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Qur’ān surah pilihan yang dipimpin
oleh salah seorang peserta didik.
4)
Guru menyampaikan kompetensi dasar dan
indikator yang akan dicapai.
5)
Peserta didik dibagi menjadi tiga kelompok,
masing- masing kelompok terdiri dari 6 orang peserta didik.
6)
Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan
dalam pembelajaran.
b.
Kegiatan inti (90 menit)
Mengamati
1)
Setiap kelompok mendapatkan amplop berisi kartu-kartu
ketentuan hadas besar dan hadas kecil, membuka, dan mencermati isinya.
Menanya
2)
Berdasarkan kartu-kartu yang diterima,setiap kelompok diberi kesempatan saling bertanya mengenai ketentuan hadas besar dan hadas kecil.
Mengeksplorasi
3)
Setiap kelompok menyusun dengan benar kartu-kartu yang
diterima ditempel pada kertas plano.
4)
Hasil masing-masing kelompok ditanggapi oleh ke kelompok
lain dengan cara berkunjung/berbelanja
Mengasosiasi
5)
Setiap kelompok membuat paparan mengenai tata cara mandi
wajib yang disajikan dalam bentuk gambar dan keterangan.
Mengomunikasikan
6)
Setiap kelompok menunjuk salah satu anggotanya untuk
menjadi “penjaga rumah”. Sedangkan yang lain bertugas berkunjung ke setiap
“rumah” kelompok lain untuk melihat dan mencari informasi dari paparan kelompok
lain.
7)
Setelah usai berkunjung ke kelompok lain, siswa kembali
ke kelompok masing-masing untuk menginformasikan hasil berbelanja kepada penjaga
“rumah”.
8)
Secara bergantian masing-masing kelompok memberikan
komentar atau tanggapan terhadap setiap kelompok yang dikunjungi.
9)
Kelompok lainnya memperhatikan/menyimak dan memberikan
tanggapan balik.
c. Penutup (20 menit)
1) Guru memberikan penguatan materi dan apresiasi.
2) Guru dan siswa
menyimpulkan materi hadas besar dan kecil.
3) Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran
yang telah dilaksanakan.
4) Guru memberikan reward kepada kelompok terbaik.
5) Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
6) Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didik berkaitan dengan
materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
7) Guru bersama-sama
para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.
F. Penilaian, Remedial dan Pengayaan
1. Penilaian
a.
Teknik Penilaian:
1)
Aspek sikap : Observasi, penilaian diri, penilaian antar
teman
2)
Aspek Pengetahuan: Tes tertulis,
penugasan
3)
Aspek Keterampilan: Kinerja
b.
Instrumen penilaian dan pedoman perskoran :
1)
Pertemuan pertama
a.
Sikap ( Terlampir )
b.
Pengetahuan ( Terlampir )
c.
Ketrampilan ( Terlampir )
2. Pengayaan
Peserta didik yang sudah menguasai materi, diminta
mempelajari hikmah thaharah kemudian mengerjakan soal pengayaan berupa hikmah
thaharah. (Soal terlampir ).
3. Remedial
Peserta didik yang belum menguasai materi diajarkan
kembali dengan cara yang lebih sederhana dan dilakukan penilaian kembali
tentang taharah yang dilaksanakan diluar jam pelajaran setelah pulang sekolah. ( Soal terlampir ).
G.
Media/Alat,Bahan dan Sumber Pembelajaran
1.
Media/alat
a.
Presentasi
Power Point
b.
Gambar
c.
Speaker active
d.
LCD/TV/Laptop
2.
Bahan
a.
Kertas plano
b.
Lem/dobel tip
3.
Sumber
Belajar
a.
Departemen Agama RI. 2005. al-Qur’āndan Terjemahnya. Jakarta:
Departemen Agama RI.
b.
Muhammad Ahsan dan Sumiyati,2014. Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VIII/ Buku Siswa . Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
c.
Muhammad Ahsan dan Sumiyati, 2014. Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VIII/Buku Guru. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.
Kedungwuni, 18 Juli 2016
Mengetahui; Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah, PAI
dan Budi Pekerti,
Mucikno, S.Pd, M.Pd Wiwik Widyoretno, S.Pd.I
NIP. 19690610
199403 1 006 NIP. 19810723 200801 2 018
LAMPIRAN-LAMPIRAN:
Lampiran
1 : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap
Spiritual)
Nama Peserta didik
|
:
|
........................................................
|
NIS
|
:
|
........................................................
|
Kelas
|
:
|
........................................................
|
Indikator
|
:
|
Mematuhi ajaran bersuci dari hadas kecil dan hadas
besar berdasarkan syariat Islam.
Mematuhi ajaran bersuci dari najis berdasarkan syariat
Islam
|
Teknik Penilaian
|
:
|
Observasi, penilaian diri, penilaian antar peserta didik
|
Penilai
|
:
|
Guru, diri sendiri, antar peserta didik
|
Rubrik penilaian
|
:
|
|
a.
Jurnal
No.
|
Hari/ Tanggal
|
Nama
|
Catatan Kejadian
|
Butir sikap
|
Tindak lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
b.
Penilaian Diri
Sikap
yang dinilai : .
No.
|
Pernyataan
|
Jawaban
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Saya mematuhi ajaran bersuci dari hadas kecil
|
|
|
2
|
Saya mematuhi ajaran bersuci dari hadas besar
|
|
|
3
|
Saya mematuhi ajaran bersuci dari najis
|
|
|
c.
Penilaian Antar Peserta Didik
Nama Pesrta didik :
Sikap Spiritual yang diamati : Sikap Iman Kepada Allah Swt.
No.
|
Aspek Pengamatan
|
Jawaban
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Temansaya mematuhi ajaran bersuci dari hadas kecil
|
|
|
2
|
Temansaya mematuhi ajaran bersuci dari hadas besar
|
|
|
3
|
Temansaya mematuhi ajaran bersuci dari najis
|
|
|
Lampiran
2 : Instrumen
Penilaian (Aspek Sikap Sosial)
Nama Peserta didik
|
:
|
........................................................
|
NIS
|
:
|
........................................................
|
Kelas
|
:
|
........................................................
|
Indikator
|
:
|
Membiasakan diri dengan perilaku hidup bersih di
lingkungan rumah..
Membiasakan diri dengan perilaku hidup bersih di
lingkungan sekolah
|
Teknik Penilaian
|
:
|
Observasi, penilaian diri, penilaian antar peserta didik
|
Penilai
|
:
|
Guru, diri sendiri, antar peserta didik
|
Rubrik penilaian
|
:
|
|
a.
Jurnal
No.
|
Hari/ Tanggal
|
Nama
|
Catatan Kejadian
|
Butir sikap
|
Tindak lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
b.
Penilaian Diri
Sikap
yang dinilai : .
No.
|
Pernyataan
|
Jawaban
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Sayamembuangsampahpadatempatnya.
|
|
|
2
|
Sayamelaksanakantugaspiketkelas.
|
|
|
3
|
Sayamembantumembersihkan musholla sekolah
|
|
|
c.
Penilaian Antar Peserta Didik
Nama Peserta didik :
Sikap Spiritual yang diamati : Sikap Iman Kepada Allah Swt.
No.
|
Aspek Pengamatan
|
Jawaban
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Teman saya membuang sampah pada tempatnya.
|
|
|
2
|
Teman saya melaksanakan tugas piket kelas.
|
|
|
3
|
Teman saya membantu membersihkan musholla sekolah
|
|
|
3.Lampiran
: instrumen penilaian aspek Pengetahuan
Tes tertulis
• 1. Jelaskan pengertian Thoharoh!
• 2. Sebutkan pembagian
najis!
• 3. Sebutkan contoh
najis mukhoffafah!
• 4. Jelaskan cara
mensucikan najis mukhoffafah!
• 5. Sebutkan
pembagian hadas!
• 6. Sebutkan hal-hal
yang menyebabkan hadas kecil!
• 7. Sebutkan hal-hal
yang menyebabkan hadas besar!.
• 8. Sebutkan rukun
wudu!
• 9. Sebutkan rukun
mandi wajib!
Kunci jawaban(terlampir)
Lampiran
4 : Penilaian keterampilan
Nama
|
:
|
.........................................................
|
Kelas
|
:
|
........................................................
|
Indikator
|
:
|
|
Teknik Penilaian
|
:
|
Kinerja
|
Penilai
|
:
|
Guru
|
Rubrik penilaian
|
:
|
|
NO.
|
ASPEK YANG DINILAI
|
SKOR
|
1
|
Kualitas tampilan antar mukapaparan
|
25
|
2
|
Kualitas isi paparan
|
25
|
3
|
Performa/penampilan saat memaparkan
|
25
|
4
|
Tanya jawab
|
25
|
SKOR MAKSIMAL
|
100
|
Lampiran
4:Soal
Pengayaan
Kerjakan soal
berikut !
1.
Jelaskan hikmah bersuci dari najis!
2.
Jelaskan hikmah bersuci dari hadas besar!
3.
Jelaskan hikmah bersuci dari hadas kecil!
Kunci :
1.
Mendidik manusia agar terbiasa hidup bersih
2.
Menjaga kebersihan berarti menjaga diri dari timbulnya
penyakit
3.
Bersuci adalah sebagian dari iman, sebagaimana sabda Nabi
saw. yang artinya:
"Bersuci adalah sebagian dari iman."
"Bersuci adalah sebagian dari iman."
Lampiran
5: Soal Remedial
Kerjakan soal
berikut !
1.
Sebutkanhal-hal
yang menyebabkan mandi wajib!
2.
Sebutkan rukun mandi wajib!
3.
Ceritakan tatacara mandi wajib!
Kunci :
1.
Keluarnya sperma, berhubungan suami istri, haid dan nifas
2.
Niat
Menghilangkan
najis di badan sama ada yang jelas (‘ayni) atau tidak jelas (hukmi)
Menyampaikan air
ke seluruh anggota badan dari hujung rambut sehingga ke hujung kaki.
Dimulai dengan niat
untuk menghilangkan hadas besar. Mulailah segala sesuatu hal dengan niat. Bisa
bahasa Arab atau bahasa Indonesia saja. Membersihkan telapak tangan sebanyak 3x
lalu bercebok Membersihkan kemaluan serta kotoran yang ada
disekitarnya hingga bersih dengan tangan kiri. Mencuci tangan setelah
membersihkan kemaluan dengan menggosokkan tangan ke tanah atau dengan
menggunakan sabun. Berwudhu dengan wudhu yang sempurna seperti ketika hendak
shalat. Mengguyur air pada kepala sebanyak 3 kali hingga sampai ke pangkal
rambut. Mencuci kepala bagian kanan, lalu kepala bagian kiri. Menyela-nyela
(menyilang-nyilang) rambut dengan jari. Mengguyur air pada seluruh badan
dimulai
Thanks for all
BalasHapusk13 kh ini
BalasHapus