Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Sekolah : SMP 1 Kedungwuni
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti
Kelas/ Semester : VII / 1
Materi Pokok : Hidup Tenang dengan
Kejujuran, Amanah dan Istiqomah
Alokasi Waktu : 3 pertemuan (9 Jam Pelajaran)
A. Kompetensi Inti
KI 1
KI 2
|
:
:
|
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
KI 3
|
:
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
|
KI4
|
:
|
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudutpandang/teori.
|
B. KOMPETENSI DASAR
DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No.
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
1.
|
1.5 Meyakini bahwa jujur, amanah, dan istiqamah
adalah perintah agama
|
1.5.1 Menghayati prilaku jujur, amanah dan istiqomah
dalam kehidupan sehari-hari.
1.5.2 Mematuhi prilaku jujur, amanah dan istiqomah
dalam kehidupan sehari-hari.
|
2.
|
2.5 Menunjukkan perilaku jujur, amanah, dan
istiqamah dalam kehidupan sehari-hari
|
2.5.1 Menunjukan prilaku jujur, amanah dan istiqomah
dalam kehidupan sehari-hari
2.5.2 Meneladani prilaku jujur, amanah dan istiqomah
dari sosok Rosululloh SAW dan Para Sahabat.
|
3.
|
3.5 Memahami makna perilaku
jujur, amanah, dan istiqamah
|
3.5.1 Mampu menjelaskan pengertian jujur, amanah dan
istiqomah.
3.5.2 Dapat menunjukkan dalil naqli tentang perintah
berperilaku jujur, amanah dan istiqomah. 3.5.3 Mampu menyebutkan hikmah atau
manfaat perilaku jujur, amanah dan istiqomah.
3.5.4 Dapat membedakan amanah menjadi tiga macam.
3.5.5 Dapat menyebutkan contoh perilaku jujur, amanah
dan istiqomah dalam kehidupan sehari-hari.
|
4.
|
4.5 Menyajikan makna perilaku
jujur, amanah, dan istiqamah
|
4.5.1 Menyajikan skenario drama tentang perilaku jujur,
amanah dan istiqomah.
4.5.2 Mendemonstrasikan perilaku jujur, amanah dan
istiqmah dalam bentuk drama.
|
C. Materi Pembelajaran
Pertemuan
ke-1
1.
Pengertian jujur.
2.
Dalil Naqli tentang
perilaku jujur.
3.
Hikmah perilaku
jujur.
Pertemuan
ke-2
1.
Pengertian amanah.
2.
Dalil naqli tentang perilaku amanah.
3.
Macam-macam amanah.
4. Hikmah
perilaku amanah.
5. Contoh
perilaku amanah.
Pertemuan
ke-3
1. Pengertian
istiqomah.
2. Dalil
naqli tentang perilaku istiqomah.
3. Hikmah
perilaku istiqomah.
4. Contoh
perilaku istiqomah.
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan
ke-1
a. Pendahuluan (10 menit)
1)
Guru membuka pembelajaran dengan salam dan
berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
2)
Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Qur’ān surah pilihan yang dipimpin
oleh salah seorang peserta didik.
3)
Guru menanyakan wawasan peserta didik
terkait tentang perilaku
terpuji.
4)
Guru menyampaikan kompetensi dasar dan
indikator yang akan dicapai.
5)
Peserta didik dibagi menjadi 6 kelompok,
masing- masing kelompok terdiri dari 5 atau lebih orang peserta didik.
6)
Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan
dilaksanakan dalam pembelajaran.
b. Kegiatan inti (90 menit)
Stimulus :
1)
Guru memulai kegiatan PBM dengan mengajukan pertanyaan
kepada siswa, meminta siswa membaca buku, mengamati fenomena lewat video klip
atau gambar, dan aktivitas belajar lainnya yang mengarah pada perilaku jujur.
2)
Guru memberikan
arahan kepada siswa untuk menghadapi masalah atau pertanyaan (gap of
knowledge) agar timbul keinginan untuk menyelidiki perilaku jujur.
Problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah)
:
1)
Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin masalah yang
relevan dengan kompetensi dasar/indikator.
2)
Kemudian dipilih satu atau beberapa
pendapat dan dirumuskan dalam bentuk hipotesis (jawaban sementara atas
pertanyaan masalah).
Data collection (Pengumpulan Data):
1)
Guru meminta para siswa
mengumpulkan informasi atau data yang relevan sebanyak-banyaknya untuk
menjawab pertanyaan atau membuktikan benar atau tidaknya hipotesis.
Data Processing (Pengolahan Data) :
1)
Guru meminta para siswa untuk semua informasi yang
berasal hasil bacaan, wawancara, observasi, dan sebagainya, diolah, dipilih,
dipilah, diklasifikasikan, ditabulasikan, bila perlu dihitung dengan cara
tertentu, serta ditafsirkan atau dimaknai.
Verification (Pembuktian) :
1)
Hasil pengolahan data di atas dihubungkan dengan
pertanyaan yang sudah dirumuskan sebelumnya atau melakukan pemeriksaan secara cermat terhadap
hasil olah data untuk membuktikan benar atau tidaknya hipotesis yang ditetapkan
sebelumnya.
c. Penutup (20 menit)
1) Guru memberikan
apresiasi dan penguatan materi.
2) Guru bersama peserta
didik merumuskan simpulan terhadap hasil temuannya.
3) Guru bersama-sama
peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
4) Guru memberikan reward kepada kelompok terbaik.
5) Guru menyampaikan
kegiatan yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.
6) Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didik
berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
7) Guru bersama-sama
para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.
2.
Pertemuan
ke-2
a. Pendahuluan (10 menit)
1)
Guru membuka pembelajaran dengan salam dan
berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
2)
Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Qur’ān surah pilihan yang dipimpin
oleh salah seorang peserta didik.
3)
Guru menanyakan wawasan peserta didik terkait
tentang perilaku
terpuji.
4)
Guru menyampaikan kompetensi dasar dan
indikator yang akan dicapai.
5)
Peserta didik dibagi menjadi 6 kelompok, masing- masing kelompok
terdiri dari 5 atau lebih orang
peserta didik.
6)
Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan
dalam pembelajaran.
b. Kegiatan inti (90 menit)
Stimulus :
1) Guru memulai
kegiatan PBM dengan mengajukan pertanyaan kepada siswa, meminta siswa membaca
buku, mengamati fenomena lewat video klip atau gambar, dan aktivitas belajar
lainnya yang mengarah pada perilaku amanah.
2) Guru
memberikan arahan kepada siswa untuk menghadapi masalah atau pertanyaan (gap
of knowledge) agar timbul keinginan untuk menyelidiki.
Problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah)
:
1)
Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin masalah yang
relevan dengan kompetensi dasar/indikator.
2)
Kemudian dipilih satu atau beberapa dan
dirumuskan dalam bentuk hipotesis (jawaban sementara atas pertanyaan masalah).
Data collection (Pengumpulan Data):
1)
Guru meminta para siswa
mengumpulkan informasi atau data yang relevan sebanyak-banyaknya untuk
menjawab pertanyaan atau membuktikan benar atau tidaknya hipotesis.
Data Processing (Pengolahan Data) :
1)
Guru meminta para siswa untuk semua informasi yang
berasal hasil bacaan, wawancara, observasi, dan sebagainya, diolah, dipilih,
dipilah, diklasifikasikan, ditabulasikan, bila perlu dihitung dengan cara
tertentu, serta ditafsirkan atau dimaknai.
Verification (Pembuktian) :
1)
Hasil pengolahan data di atas dihubungkan dengan
pertanyaan yang sudah dirumuskan sebelumnya atau melakukan pemeriksaan secara cermat terhadap
hasil olah data untuk membuktikan benar atau tidaknya hipotesis yang ditetapkan
sebelumnya
2)
c.
Penutup (20 menit)
1) Guru memberikan penguatan materi dan apresiasi.
2)
Guru bersama peserta didik merumuskan
simpulan terhadap hasil temuannya.
3)
Guru bersama-sama peserta
didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
4)
Guru memberikan reward
kepada kelompok terbaik.
5)
Guru menyampaikan materi
yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
6)
Guru memberikan tugas
mandiri kepada peserta didik berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada
pertemuan berikutnya.
7)
Guru bersama-sama para
peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.
3.
Pertemuan
ke-3
a.
Pendahuluan (10 menit)
1)
Guru membuka pembelajaran dengan salam dan
berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
2)
Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan
al-Qur’ān surah pilihan yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik.
3)
Guru menanyakan wawasan peserta didik terkait
tentang perilaku
terpuji.
4)
Guru menyampaikan kompetensi dasar dan
indikator yang akan dicapai.
5)
Peserta didik dibagi menjadi 6 kelompok, masing- masing kelompok
terdiri dari 5 atau lebih orang
peserta didik.
6)
Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan
dalam pembelajaran.
b.
Kegiatan inti (90 menit)
Stimulus :
1) Guru memulai
kegiatan PBM dengan mengajukan pertanyaan kepada siswa, meminta siswa membaca
buku, mengamati fenomena lewat video klip atau gambar, dan aktivitas belajar
lainnya yang mengarah pada perilaku istiqomah.
2)
Guru memberikan
arahan kepada siswa untuk menghadapi masalah atau pertanyaan (gap of knowledge)
agar timbul keinginan untuk menyelidiki.
Problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah)
:
1)
Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin masalah yang
relevan dengan kompetensi dasar/indikator.
2)
Kemudian dipilih satu atau beberapa dan
dirumuskan dalam bentuk hipotesis (jawaban sementara atas pertanyaan masalah).
Data collection (Pengumpulan Data):
1) Guru meminta para siswa mengumpulkan informasi atau
data yang relevan sebanyak-banyaknya untuk menjawab pertanyaan atau
membuktikan benar atau tidaknya hipotesis.
Data Processing (Pengolahan Data) :
1)
Guru meminta para siswa untuk semua informasi yang
berasal hasil bacaan, wawancara, observasi, dan sebagainya, diolah, dipilih,
dipilah, diklasifikasikan, ditabulasikan, bila perlu dihitung dengan cara
tertentu, serta ditafsirkan atau dimaknai.
Verification (Pembuktian) :
1)
Hasil pengolahan data di atas dihubungkan dengan
pertanyaan yang sudah dirumuskan sebelumnya atau melakukan pemeriksaan secara cermat terhadap
hasil olah data untuk membuktikan benar atau tidaknya hipotesis yang ditetapkan
sebelumnya.
c.
Penutup (20 menit)
1)
Guru memberikan penguatan
materi dan apresiasi.
2)
Guru bersama peserta didik
merumuskan simpulan terhadap hasil temuannya.
3)
Guru bersama-sama peserta
didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
4)
Guru memberikan reward
kepada kelompok terbaik.
5)
Guru menyampaikan materi
yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
6)
Guru memberikan tugas
mandiri kepada peserta didik berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada
pertemuan berikutnya.
7)
Guru bersama-sama para
peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.
E. Penilaian, Remedial dan Pengayaan
1. Penilaian
a.
Teknik Penilaian:
1)
Aspek sikap : Observasi, penilaian diri, penilaian antar
teman
2)
Aspek Pengetahuan: Tes tertulis,
penugasan
3)
Aspek Keterampilan: Kinerja
b.
Instrumen penilaian dan pedoman perskoran :
1)
Sikap(Terlampir)
2)
Pengetahuan(Terlampir)
3)
Keterampilan(Terlampir)
1.
Remedial
Peserta didik yang belum
menguasai materi diajarkan kembali dengan cara yang lebih sederhana dan
dilakukan penilaian kembali tentang jujur, amanah dan istiqomah yang dilaksanakan di luar jam pelajaran setelah
pulang sekolah. (Soal terlampir).
2. Pengayaan
Peserta didik yang sudah menguasai materi,
diminta mencari contoh-contoh perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari kemudian
mengerjakan soal pengayaan berupa contoh perilaku jujur. (Soal terlampir).
F.
Media/Alat,Bahan dan Sumber Pembelajaran
1.
Media/alat
a.
Presentasi
Power Point
b.
CD pembelajaran
c.
Speaker active
d.
LCD/TV/Laptop
2.
Bahan
a.
Kertas Manil
b.
Lem/dobel tip
c.
Spidol
3.
Sumber
Belajar
a.
Departemen Agama RI. 2005. al-Qur’āndan Terjemahnya. Jakarta:
Departemen Agama RI.
b.
Kemendikbud,2014. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs
Kelas VII/ Buku Siswa. Edisi Revisi, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
c.
Kitab Hadis
Bukhori dan Muslim.
Kedungwuni, 18 Juli 2016
Mengetahui; Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah, PAI
dan Budi Pekerti,
Mucikno, S.Pd, M.Pd Wiwik Widyoretno, S.Pd.I
NIP. 19690610
199403 1 006 NIP. 19810723 200801 2 018
LAMPIRAN-LAMPIRAN:
Lampiran
1: Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Spiritual
dan Sosial)
a.
Jurnal
No.
|
Hari/ Tanggal
|
Nama
|
Catatan Kejadian
|
Butir sikap
|
Tindak lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
Lampiran
2: Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Spiritual)
a.
Penilaian Diri
Nama Peserta didik
|
:
|
........................................................
|
NIS
|
:
|
........................................................
|
Kelas
|
:
|
........................................................
|
Indikator
|
:
|
1.5.1
Menghayati prilaku jujur, amanah dan istiqomah dalam kehidupan sehari-hari.
|
Teknik Penilaian
|
:
|
penilaian diri.
|
Penilai
|
:
|
diri sendiri.
|
Rubrik penilaian
|
:
|
|
Sikap
spiritual
yang dinilai : jujur, amanah dan
istiqomah
No.
|
Pernyataan
|
Jawaban
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Perilaku jujur, amanah dan istiqomah sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
|
2.
|
Saya sudah berperilaku
jujur kepada semua orang.
|
|
|
3.
|
Ketika saya mendapat amanah, maka
tidak perlu saya laksanakan.
|
|
|
4.
|
Dalam beribadah sholat saya senantiasa
istiqomah.
|
|
|
5.
|
Dengan perilaku jujur, amanah dan
istiqomah, hati saya menjadi tenang dan tentram.
|
|
|
Kedungwuni,
Penilai
(
……………………………)
Lampiran
3: Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Sosial)
a.
Penilaian Antar Teman
Nama Peserta didik
|
:
|
........................................................
|
NIS
|
:
|
........................................................
|
Kelas
|
:
|
........................................................
|
Indikator
|
:
|
1.5.1
Menghayati prilaku jujur, amanah dan istiqomah dalam kehidupan sehari-hari.
|
Teknik Penilaian
|
:
|
penilaian antar teman
|
Penilai
|
:
|
antar teman
|
Rubrik penilaian
|
:
|
|
Sikap Spiritual yang dinilai: jujur,
amanah dan istiqomah.
No.
|
Aspek Pengamatan
|
Jawaban
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Teman saya sering berkata jujur.
|
|
|
2.
|
Dalam meminjam peralatan belajar,teman saya selalu mengembalikannya.
|
|
|
3.
|
Teman saya selalu rajin belajar di sekolah.
|
|
|
Kedungwuni,
Penilai
( ……………………………)
Lampiran
4: Penilaian Pengetahuan
Nama Peserta didik
|
:
|
|
Kelas/Semester
|
:
|
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.5 Memahami makna
perilaku jujur, amanah, dan istiqamah.
|
Indikator
|
:
|
3.5.1 Mampu
menjelaskan pengertian jujur, amanah dan istiqomah.
3.5.2 Dapat
menunjukkan dalil naqli tentang perintah berperilaku jujur, amanah dan
istiqomah.
3.5.3 Mampu
menyebutkan hikmah atau manfaat perilaku jujur, amanah dan istiqomah.
3.5.4 Dapat
membedakan amanah menjadi tiga macam.
3.5.5 Dapat
menyebutkan contoh perilaku jujur, amanah dan istiqomah dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Teknik Penilaian
|
:
|
Tertulis
|
Penilai
|
:
|
Guru
|
a. Soal:
1.
Jelaskan
pengertian jujur!
2.
Jelaskan
pengertian amanah!
3.
Jelaskan
pengertian istiqomah!
4.
Sebutkan nama
surat dan ayat al-Qur’an yang menerangkan tentang jujur!
5.
Sebutkan nama
surat dan ayat al-Qur’an yang menerangkan tentang amanah!
6.
Sebutkan nama
surat dan ayat al-Qur’an yang menerangkan tentang istiqomah!
7.
Sebutkan 3
manfaat perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari!
8.
Sebutkan 3
manfaat perilaku amanah dalam kehidupan sehari-hari!
9.
Sebutkan 3
manfaat perilaku istiqomah dalam kehidupan sehari-hari!
10. Sebutkan
3 macam amanah!
11. Sebutkan
3 contoh perilaku amanah!
12. Sebutkan
3 contoh perilaku istiqomah!
b. Kunci Jawaban:
No. Soal
|
Kunci jawaban
|
Skor
|
1.
|
Jujur adalah kesesuian sikap
antara perkataan dan perbuatan yang sebenarnya.
|
5
|
2.
|
Amanah adalah pesan yang dititipkan dapat
disampaiakan kepada orang yang berhak.
|
5
|
3.
|
Istiqomah adalah sikap kokoh
pada pendirian dan konsekuensi dalam tindakan.
|
5
|
4.
|
QS. Al-Baqarah: 42
|
5
|
5.
|
Al-Anfal: 27
|
5
|
6.
|
Al-Ahqaf: 13
|
5
|
7.
|
Mendapat kepercayaan orang
lain, banyak teman, mendapat ketentraman hidup.
|
10
|
8.
|
Dipercaya orang lain,
mendapat simpati semua pihak, hidup akan sukses.
|
10
|
9.
|
Dijauhkan dari rasa takut
dan kesedihan, mendapatkan kesuksesan hidup dunia dan akhirat, selalu
bersabar dan akan dilindungi oleh Allah.
|
10
|
10.
|
1. Amanah terhadap Allah, 2.
amanah terhadap sesama manusia, 3 amanah terhadap diri sendiri.
|
10
|
11.
|
Menjaga titipan dan
mengembalikannya kepada orang lain seperti semula, menjaga rahasia, tidak
menyalahgunakan jabatan.
|
15
|
12.
|
Bertaqwa kepada Allah,
melaksanakan sholat tepat waktu, belajar terus menerus.
|
15
|
Lampiran
5: Penilaian Ketrampilan
Nama
|
:
|
|
Kelas/Semester
|
:
|
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
4.5 Menyajikan makna
perilaku jujur, amanah, dan istiqamah
|
Indikator
|
:
|
4.5.1 Menyajikan
skenario drama tentang perilaku jujur, amanah dan istiqomah.
4.5.2
Mendemonstrasikan perilaku jujur, amanah dan istiqmah dalam bentuk drama.
|
Teknik Penilaian
|
:
|
Proyek dan Kinerja
|
Penilai
|
:
|
Guru
|
a.
Rubrik
penilaian Proyek
Kelompok: ………….
No.
|
Instrumen
|
Aspek
Penilaian
|
Jumlah
skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
Kedalaman
materi
|
v
|
|
|
|
25
|
2.
|
Kesesuaian
cerita
|
v
|
|
|
|
25
|
3.
|
Penggunaan
bahasa
|
v
|
|
|
|
25
|
|
Jumlah
Skor Perolehan
|
75
|
||||
|
Rumus =Skor
Perolehan X 100
Skor Maksimal
|
100
|
Keterangan:
Aspek 1 : sangat sesuai, nilai: 25
Aspek 2 :sesuai, nilai: 20
Aspek 3: mendekati sesuai, nilai: 15
Aspek 4: tidak sesuai, nilai: 10
b.
Rubrik
penilaian Kinerja
Kelompok: ………….
No.
|
Instrumen
|
Aspek
Penilaian
|
Jumlah
skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
Kesesuaian
dengan cerita
|
v
|
|
|
|
25
|
2.
|
Kesungguhan
masing-masing peran
|
v
|
|
|
|
25
|
3.
|
Penggunaan
bahasa bagi pemeran
|
v
|
|
|
|
25
|
|
Jumlah
Skor Perolehan
|
75
|
||||
|
Rumus: Skor
Perolehan X 100
Skor Maksimal
|
100
|
Aspek 1 : sangat sesuai, nilai: 25
Aspek 2 : sesuai, nilai: 20
Aspek 3 : mendekati sesuai, nilai:
15
Aspek 4 : tidak sesuai, nilai: 10
Lampiran
6:Soal
Remedial
Kerjakan soal
berikut !
1.
Jelaskan
pengertian jujur!
2.
Jelaskan
pengertian amanah!
3.
Jelaskan
pengertian istiqomah!
4.
Sebutkan nama
surat dan ayat al-Qur’an yang menerangkan tentang jujur!
5.
Sebutkan nama
surat dan ayat al-Qur’an yang menerangkan tentang amanah!
6.
Sebutkan nama
surat dan ayat al-Qur’an yang menerangkan tentang istiqomah!
7.
Sebutkan 3
manfaat perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari!
8.
Sebutkan 3
manfaat perilaku amanah dalam kehidupan sehari-hari!
9.
Sebutkan 3
manfaat perilaku istiqomah dalam kehidupan sehari-hari!
10. Sebutkan
3 macam amanah!
11. Sebutkan
3 contoh perilaku amanah!
12. Sebutkan
3 contoh perilaku istiqomah!
Kunci : sama
dengan lampiran penilaian pengetahuan di atas.
Lampiran
7:Soal Pengayaan
Kerjakan soal
berikut !
1. Sebutkan
3 contoh perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari!
Kunci:
1.
Contoh
perilaku jujur:
-
Berkata
jujur kepada orang tua.
-
Tidak menyontek
dalam ulangan.
-
Mengakui
kesalahan di depan orang lain.
-
Jujur
dalam mengerjakan tugas/PR.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar