Menu

Minggu, 27 November 2016

RPP BAB 2: HIDUP TENANG DENGAN KEJUJURAN, AMANAH, DAN ISTIQAMAH



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Sekolah                          : SMP 1 Kedungwuni
Mata Pelajaran               : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/ Semester              : VII / 1
Materi Pokok                 : Hidup Tenang dengan Kejujuran, Amanah dan Istiqomah
Alokasi Waktu               : 3 pertemuan (9 Jam Pelajaran)

A.      Kompetensi Inti
KI 1
KI 2   
:
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudutpandang/teori.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.
1.5 Meyakini bahwa jujur, amanah, dan istiqamah adalah perintah agama
1.5.1 Menghayati prilaku jujur, amanah dan istiqomah dalam kehidupan sehari-hari.
1.5.2 Mematuhi prilaku jujur, amanah dan istiqomah dalam kehidupan sehari-hari.
2.
2.5 Menunjukkan perilaku jujur, amanah, dan istiqamah dalam kehidupan sehari-hari
2.5.1 Menunjukan prilaku jujur, amanah dan istiqomah dalam kehidupan sehari-hari
2.5.2 Meneladani prilaku jujur, amanah dan istiqomah dari sosok Rosululloh SAW dan Para Sahabat.
3.
3.5 Memahami makna perilaku jujur, amanah, dan istiqamah

3.5.1 Mampu menjelaskan pengertian jujur, amanah dan istiqomah.
3.5.2 Dapat menunjukkan dalil naqli tentang perintah berperilaku jujur, amanah dan istiqomah. 3.5.3 Mampu menyebutkan hikmah atau manfaat perilaku jujur, amanah dan istiqomah.
3.5.4 Dapat membedakan amanah menjadi tiga macam.
3.5.5 Dapat menyebutkan contoh perilaku jujur, amanah dan istiqomah dalam kehidupan sehari-hari.
4.
4.5 Menyajikan makna perilaku jujur, amanah, dan istiqamah

4.5.1 Menyajikan skenario drama tentang perilaku jujur, amanah dan istiqomah.
4.5.2 Mendemonstrasikan perilaku jujur, amanah dan istiqmah dalam bentuk drama.

C.    Materi Pembelajaran
Pertemuan ke-1
1.      Pengertian jujur.
2.      Dalil Naqli tentang perilaku jujur.
3.      Hikmah perilaku jujur.
Pertemuan ke-2
1.      Pengertian amanah.
2.      Dalil naqli tentang perilaku amanah.
3.      Macam-macam amanah.
4.      Hikmah perilaku amanah.
5.      Contoh perilaku amanah.
Pertemuan ke-3
1.      Pengertian istiqomah.
2.      Dalil naqli tentang perilaku istiqomah.
3.      Hikmah perilaku istiqomah.
4.      Contoh perilaku istiqomah.
D.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran    
1.      Pertemuan ke-1
                       a.     Pendahuluan  (10 menit)
1)        Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
2)        Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Qur’ān surah pilihan yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik.
3)        Guru menanyakan wawasan peserta didik terkait tentang perilaku terpuji.
4)        Guru menyampaikan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
5)        Peserta didik dibagi menjadi 6 kelompok, masing- masing kelompok terdiri dari 5 atau lebih orang peserta didik.
6)        Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.
                       b.     Kegiatan inti (90 menit)
Stimulus :
1)      Guru memulai kegiatan PBM dengan mengajukan pertanyaan kepada siswa, meminta siswa membaca buku, mengamati fenomena lewat video klip atau gambar, dan aktivitas belajar lainnya yang mengarah pada perilaku jujur.
2)      Guru memberikan arahan kepada siswa untuk menghadapi masalah atau pertanyaan (gap of knowledge) agar timbul keinginan untuk menyelidiki perilaku jujur.
Problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah) :
1)      Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin masalah yang relevan dengan kompetensi dasar/indikator.
2)      Kemudian dipilih satu atau beberapa pendapat dan dirumuskan dalam bentuk hipotesis (jawaban sementara atas pertanyaan masalah).
Data collection (Pengumpulan Data):
1)      Guru meminta para siswa mengumpulkan informasi  atau  data yang relevan sebanyak-banyaknya untuk menjawab pertanyaan atau membuktikan benar atau tidaknya hipotesis.
Data Processing (Pengolahan Data) :
1)      Guru meminta para siswa untuk semua informasi yang berasal hasil bacaan, wawancara, observasi, dan sebagainya, diolah, dipilih, dipilah, diklasifikasikan, ditabulasikan, bila perlu dihitung dengan cara tertentu, serta ditafsirkan atau dimaknai.
Verification (Pembuktian) :
1)      Hasil pengolahan data di atas dihubungkan dengan pertanyaan yang sudah dirumuskan sebelumnya atau  melakukan pemeriksaan secara cermat terhadap hasil olah data untuk membuktikan benar atau tidaknya hipotesis yang ditetapkan sebelumnya.
                       c.     Penutup (20 menit)
                                    1)     Guru memberikan apresiasi dan penguatan materi.
                                    2)     Guru bersama peserta didik merumuskan simpulan terhadap hasil temuannya.
                                    3)     Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
                                    4)     Guru memberikan reward kepada kelompok terbaik.
                                    5)     Guru menyampaikan kegiatan yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.
                                    6)     Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didik berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
                                    7)     Guru bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.
2.      Pertemuan ke-2
                            a. Pendahuluan  (10 menit)
1)      Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
2)        Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Qur’ān surah pilihan yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik.
3)        Guru menanyakan wawasan peserta didik terkait tentang perilaku terpuji.
4)        Guru menyampaikan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
5)        Peserta didik dibagi menjadi 6 kelompok, masing- masing kelompok terdiri dari 5 atau lebih orang peserta didik.
6)        Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.
                           b. Kegiatan inti (90 menit)
Stimulus :
1)      Guru memulai kegiatan PBM dengan mengajukan pertanyaan kepada siswa, meminta siswa membaca buku, mengamati fenomena lewat video klip atau gambar, dan aktivitas belajar lainnya yang mengarah pada perilaku amanah.
2)      Guru memberikan arahan kepada siswa untuk menghadapi masalah atau pertanyaan (gap of knowledge) agar timbul keinginan untuk menyelidiki.
Problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah) :
1)      Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin masalah yang relevan dengan kompetensi dasar/indikator.
2)      Kemudian dipilih satu atau beberapa dan dirumuskan dalam bentuk hipotesis (jawaban sementara atas pertanyaan masalah).
Data collection (Pengumpulan Data):
1)      Guru meminta para siswa mengumpulkan informasi  atau  data yang relevan sebanyak-banyaknya untuk menjawab pertanyaan atau membuktikan benar atau tidaknya hipotesis.
Data Processing (Pengolahan Data) :
1)      Guru meminta para siswa untuk semua informasi yang berasal hasil bacaan, wawancara, observasi, dan sebagainya, diolah, dipilih, dipilah, diklasifikasikan, ditabulasikan, bila perlu dihitung dengan cara tertentu, serta ditafsirkan atau dimaknai.
Verification (Pembuktian) :
1)      Hasil pengolahan data di atas dihubungkan dengan pertanyaan yang sudah dirumuskan sebelumnya atau  melakukan pemeriksaan secara cermat terhadap hasil olah data untuk membuktikan benar atau tidaknya hipotesis yang ditetapkan sebelumnya
2)       
                            c.          Penutup (20 menit)
1)      Guru memberikan penguatan materi dan apresiasi.
2)      Guru bersama peserta didik merumuskan simpulan terhadap hasil temuannya.
3)      Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
4)      Guru memberikan reward kepada kelompok terbaik.
5)      Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
6)      Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didik berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
7)      Guru bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.
3.      Pertemuan ke-3
a.      Pendahuluan  (10 menit)
1)      Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
2)      Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Qur’ān surah pilihan yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik.
3)      Guru menanyakan wawasan peserta didik terkait tentang perilaku terpuji.
4)      Guru menyampaikan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
5)      Peserta didik dibagi menjadi 6 kelompok, masing- masing kelompok terdiri dari 5 atau lebih orang peserta didik.
6)      Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.
b.      Kegiatan inti (90 menit)
Stimulus :
1)      Guru memulai kegiatan PBM dengan mengajukan pertanyaan kepada siswa, meminta siswa membaca buku, mengamati fenomena lewat video klip atau gambar, dan aktivitas belajar lainnya yang mengarah pada perilaku istiqomah.
2)      Guru memberikan arahan kepada siswa untuk menghadapi masalah atau pertanyaan (gap of knowledge) agar timbul keinginan untuk menyelidiki.
Problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah) :
1)      Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin masalah yang relevan dengan kompetensi dasar/indikator.
2)      Kemudian dipilih satu atau beberapa dan dirumuskan dalam bentuk hipotesis (jawaban sementara atas pertanyaan masalah).
Data collection (Pengumpulan Data):
1)      Guru meminta para siswa mengumpulkan informasi  atau  data yang relevan sebanyak-banyaknya untuk menjawab pertanyaan atau membuktikan benar atau tidaknya hipotesis.


Data Processing (Pengolahan Data) :
1)      Guru meminta para siswa untuk semua informasi yang berasal hasil bacaan, wawancara, observasi, dan sebagainya, diolah, dipilih, dipilah, diklasifikasikan, ditabulasikan, bila perlu dihitung dengan cara tertentu, serta ditafsirkan atau dimaknai.
Verification (Pembuktian) :
1)      Hasil pengolahan data di atas dihubungkan dengan pertanyaan yang sudah dirumuskan sebelumnya atau  melakukan pemeriksaan secara cermat terhadap hasil olah data untuk membuktikan benar atau tidaknya hipotesis yang ditetapkan sebelumnya.
c.       Penutup (20 menit)
1)        Guru memberikan penguatan materi dan apresiasi.
2)        Guru bersama peserta didik merumuskan simpulan terhadap hasil temuannya.
3)        Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
4)        Guru memberikan reward kepada kelompok terbaik.
5)        Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
6)        Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didik berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
7)        Guru bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.

E.     Penilaian, Remedial dan Pengayaan
1.      Penilaian
a.       Teknik Penilaian:
1)        Aspek sikap : Observasi, penilaian diri, penilaian antar teman
2)        Aspek Pengetahuan: Tes tertulis, penugasan
3)        Aspek Keterampilan: Kinerja
b.      Instrumen penilaian dan pedoman perskoran :
1)      Sikap(Terlampir)
2)      Pengetahuan(Terlampir)
3)      Keterampilan(Terlampir)

1.      Remedial
Peserta didik yang belum menguasai materi diajarkan kembali dengan cara yang lebih sederhana dan dilakukan penilaian kembali tentang jujur, amanah dan istiqomah yang dilaksanakan di luar jam pelajaran setelah pulang  sekolah. (Soal terlampir).



2.      Pengayaan
Peserta didik yang sudah menguasai materi, diminta mencari contoh-contoh perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari kemudian mengerjakan soal pengayaan berupa contoh perilaku jujur. (Soal terlampir).

F.     Media/Alat,Bahan  dan Sumber Pembelajaran
             1.          Media/alat
a.         Presentasi Power Point
b.        CD pembelajaran
c.         Speaker active
d.        LCD/TV/Laptop
             2.          Bahan
                               a.      Kertas Manil
                               b.      Lem/dobel tip
                               c.      Spidol
             3.          Sumber Belajar
a.       Departemen Agama RI. 2005. al-Qur’āndan Terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama RI.
b.      Kemendikbud,2014. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII/ Buku Siswa. Edisi Revisi, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
c.       Kitab Hadis Bukhori dan Muslim.


                                                                                                Kedungwuni, 18  Juli 2016
Mengetahui;                                                                            Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah,                                                                      PAI dan Budi Pekerti,                                               

Mucikno, S.Pd, M.Pd                                                             Wiwik Widyoretno, S.Pd.I
NIP. 19690610 199403 1 006                                                            NIP. 19810723 200801 2 018









LAMPIRAN-LAMPIRAN:

Lampiran 1: Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Spiritual dan Sosial)
a.        Jurnal
No.
Hari/ Tanggal
Nama
Catatan Kejadian
Butir sikap
Tindak lanjut
1





2





3





4

































Lampiran 2: Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Spiritual)
a.      Penilaian Diri
Nama Peserta didik
:
........................................................
NIS
:
........................................................
Kelas
:
........................................................
Indikator
:
1.5.1 Menghayati prilaku jujur, amanah dan istiqomah dalam kehidupan sehari-hari.
Teknik Penilaian
:
penilaian diri.
Penilai
:
diri sendiri.
Rubrik penilaian
:


Sikap spiritual yang dinilai  :  jujur, amanah dan istiqomah
No.
Pernyataan
Jawaban
Ya
Tidak
1.
Perilaku jujur, amanah dan istiqomah sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.


2.
Saya sudah berperilaku jujur kepada semua orang.


3.
Ketika saya mendapat amanah, maka tidak perlu saya laksanakan.


4.
Dalam beribadah sholat saya senantiasa istiqomah.


5.
Dengan perilaku jujur, amanah dan istiqomah, hati saya menjadi tenang dan tentram.



Kedungwuni,
Penilai
                                                            ( ……………………………)













Lampiran 3: Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Sosial)
a.      Penilaian Antar Teman
Nama Peserta didik
:
........................................................
NIS
:
........................................................
Kelas
:
........................................................
Indikator
:
1.5.1 Menghayati prilaku jujur, amanah dan istiqomah dalam kehidupan sehari-hari.
Teknik Penilaian
:
penilaian antar teman
Penilai
:
antar teman
Rubrik penilaian
:


Sikap Spiritual yang dinilai:  jujur, amanah dan istiqomah.
No.
Aspek Pengamatan
Jawaban
Ya
Tidak
1.
Teman saya sering berkata jujur.


2.
Dalam meminjam peralatan belajar,teman saya selalu mengembalikannya.


3.
Teman saya selalu rajin belajar di sekolah.



Kedungwuni,
Penilai

( ……………………………)
















Lampiran 4: Penilaian Pengetahuan
Nama Peserta didik
:

Kelas/Semester
:

Kompetensi Dasar
:
3.5 Memahami makna perilaku jujur, amanah, dan istiqamah.
Indikator
:
3.5.1 Mampu menjelaskan pengertian jujur, amanah dan istiqomah.
3.5.2 Dapat menunjukkan dalil naqli tentang perintah berperilaku jujur, amanah dan istiqomah.
3.5.3 Mampu menyebutkan hikmah atau manfaat perilaku jujur, amanah dan istiqomah.
3.5.4 Dapat membedakan amanah menjadi tiga macam.
3.5.5 Dapat menyebutkan contoh perilaku jujur, amanah dan istiqomah dalam kehidupan sehari-hari.
Teknik Penilaian
:
Tertulis
Penilai
:
Guru

a.      Soal:
1.      Jelaskan pengertian jujur!
2.      Jelaskan pengertian amanah!
3.      Jelaskan pengertian istiqomah!
4.      Sebutkan nama surat dan ayat al-Qur’an yang menerangkan tentang jujur!
5.      Sebutkan nama surat dan ayat al-Qur’an yang menerangkan tentang amanah!
6.      Sebutkan nama surat dan ayat al-Qur’an yang menerangkan tentang istiqomah!
7.      Sebutkan 3 manfaat perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari!
8.      Sebutkan 3 manfaat perilaku amanah dalam kehidupan sehari-hari!
9.      Sebutkan 3 manfaat perilaku istiqomah dalam kehidupan sehari-hari!
10.  Sebutkan 3 macam amanah!
11.  Sebutkan 3 contoh perilaku amanah!
12.  Sebutkan 3 contoh perilaku istiqomah!









b.      Kunci Jawaban:
No. Soal
Kunci jawaban
Skor
1.
Jujur adalah kesesuian sikap antara perkataan dan perbuatan yang sebenarnya.
5
2.
Amanah  adalah pesan yang dititipkan dapat disampaiakan kepada orang yang berhak.
5
3.
Istiqomah adalah sikap kokoh pada pendirian dan konsekuensi dalam tindakan.
5
4.
QS. Al-Baqarah: 42
5
5.
Al-Anfal: 27
5
6.
Al-Ahqaf: 13
5
7.
Mendapat kepercayaan orang lain, banyak teman, mendapat ketentraman hidup.
10
8.
Dipercaya orang lain, mendapat simpati semua pihak, hidup akan sukses.
10
9.
Dijauhkan dari rasa takut dan kesedihan, mendapatkan kesuksesan hidup dunia dan akhirat, selalu bersabar dan akan dilindungi oleh Allah.
10
10.
1. Amanah terhadap Allah, 2. amanah terhadap sesama manusia, 3 amanah terhadap diri sendiri.
10
11.
Menjaga titipan dan mengembalikannya kepada orang lain seperti semula, menjaga rahasia, tidak menyalahgunakan jabatan.
15
12.
Bertaqwa kepada Allah, melaksanakan sholat tepat waktu, belajar terus menerus.
15
















Lampiran 5: Penilaian Ketrampilan
Nama
:

Kelas/Semester
:

Kompetensi Dasar
:
4.5 Menyajikan makna perilaku jujur, amanah, dan istiqamah
Indikator
:
4.5.1 Menyajikan skenario drama tentang perilaku jujur, amanah dan istiqomah.
4.5.2 Mendemonstrasikan perilaku jujur, amanah dan istiqmah dalam bentuk drama.
Teknik Penilaian
:
Proyek dan Kinerja
Penilai
:
Guru

  a.      Rubrik penilaian Proyek
Kelompok: ………….
No.
Instrumen
Aspek Penilaian
Jumlah skor
1
2
3
4
1.
Kedalaman materi
v



25
2.
Kesesuaian cerita
v



25
3.
Penggunaan bahasa
v



25

Jumlah Skor Perolehan
75

Rumus =Skor Perolehan X 100
Skor Maksimal
100

Keterangan:
Aspek 1 : sangat sesuai, nilai: 25
Aspek 2 :sesuai, nilai: 20
Aspek 3: mendekati sesuai, nilai: 15
Aspek 4: tidak sesuai, nilai: 10
  b.      Rubrik penilaian Kinerja
Kelompok: ………….
No.
Instrumen
Aspek Penilaian
Jumlah skor
1
2
3
4
1.
Kesesuaian dengan cerita
v



25
2.
Kesungguhan masing-masing peran
v



25
3.
Penggunaan bahasa bagi pemeran
v



25

Jumlah Skor Perolehan
75

Rumus: Skor Perolehan X 100
                                                       Skor Maksimal
100

Keterangan:
Aspek 1 : sangat sesuai, nilai: 25
Aspek 2 : sesuai, nilai: 20
Aspek 3 : mendekati sesuai, nilai: 15
Aspek 4 : tidak sesuai, nilai: 10
Lampiran 6:Soal Remedial
Kerjakan soal berikut !
1.      Jelaskan pengertian jujur!
2.      Jelaskan pengertian amanah!
3.      Jelaskan pengertian istiqomah!
4.      Sebutkan nama surat dan ayat al-Qur’an yang menerangkan tentang jujur!
5.      Sebutkan nama surat dan ayat al-Qur’an yang menerangkan tentang amanah!
6.      Sebutkan nama surat dan ayat al-Qur’an yang menerangkan tentang istiqomah!
7.      Sebutkan 3 manfaat perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari!
8.      Sebutkan 3 manfaat perilaku amanah dalam kehidupan sehari-hari!
9.      Sebutkan 3 manfaat perilaku istiqomah dalam kehidupan sehari-hari!
10.  Sebutkan 3 macam amanah!
11.  Sebutkan 3 contoh perilaku amanah!
12.  Sebutkan 3 contoh perilaku istiqomah!
Kunci : sama dengan lampiran penilaian pengetahuan di atas.
























Lampiran 7:Soal Pengayaan
Kerjakan soal berikut !
1.      Sebutkan 3 contoh perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari!
Kunci:
1.      Contoh perilaku jujur:
-       Berkata jujur kepada orang tua.
-       Tidak menyontek dalam ulangan.
-       Mengakui kesalahan di depan orang lain.
-       Jujur dalam mengerjakan tugas/PR.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar