Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Sekolah : SMP N 1 Kedungwuni
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti
Kelas/ Semester : VII/1
Materi Pokok : Selamat Datang Nabi Kekasihku
Alokasi Waktu : 2 pertemuan (6 JP)
A. Kompetensi Inti
KI 1
KI 2
|
:
:
|
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
KI 3
|
:
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
|
KI4
|
:
|
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudutpandang/teori.
|
B.
KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR PENCAPAIAN
NO.
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
|
1
|
1.11. Menghayati
perjuangan Nabi Muhammad SAW. Periode Mekah dalam menegakan risalah
Allah SWT
|
1.11.1.Berperilaku
sebagaimana perjuangan nabi Muhammad SAW dalam menegakan risalah Allah SWT
|
|
2.
|
.
|
2.11. Meneladani perjuangan nabi Muhammad SAW periode
Mekkah
|
2.11.1.
Bersikap jujur seperti yang dicontohlan rasullulah saw
2.11.2
Bersikap semangat seperti yang dicotohkan rasulullah ketika berdakwah
|
3.
|
3.11
memahami sejarah perjuangan nabi Muhammad saw periode makkah
|
3.11.1.
Menjelaskan sejarah lahir dan silsilah nabi
muhammad saw
3.11.2.Menjelaskan
kegiatan nabi muhammad saw di waktu anak-anak dan dewasa
3.11.3.
menjelaskan sejarah diangkatnya nabi muhammad menjadi rasul
3.11.4.
menyebutkan wahyu pertama yang diterima rasulullah saw
3.11.5
Menjelaskan strategi dakwah nabi secara sembunyi sembunyi
3.11.6
Menjelaskan strategi dakwah nabi secara terang-terangan
3.11.7
Menjelaskan pengertian assabiqunal awwalun
3.11.8
Menyebutkan sahabat yang termasuk assabiqunal awwalun
3.11.9 Menjelaskan Rintangan-rintangan
yang dihadapi rasul ketika berdakwah
|
|
4.
|
4.11
Menyajikan strategi perjuangan yang dilakukan nabi Muhammad saw periode
makkah
|
4.11.9 Membuat peta konsep tentang
strategi dakwah nabi di makkah
|
C.
Materi Pembelajaran
Pertemuan
ke-1
a.
Masa Kelahiran sampai masa dewasa nabi Muhammad saw
b.
Pengangkatan Nabi Muhammad SAW sebagai nabi/Rasul
Pertemuan
ke-2
a. Dakwah
Nabi Muhammad SAW di Makkah
D.
Langkah-Langkah Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pertemuan
ke-1
a. Pendahuluan (10 menit)
1)
Guru membuka pembelajaran dengan salam dan
berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
2)
Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Qur’ān surah pilihan yang dipimpin
oleh salah seorang peserta didik.
3)
Guru menanyakan wawasan peserta didik
terkait tentang sejarah nabi
4)
Guru menyampaikan kompetensi dasar dan
indikator yang akan dicapai.
5)
Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan
dilaksanakan dalam pembelajaran.
b. Kegiatan inti (90 menit)
Langkah/
Tahap
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
1. Orientasi terhadap masalah:
|
Guru menyajikan masalah nyata kepada
peserta didik .
Guru langsung menyodorkan sebuah masalah dengan
cara mengajak siswa mengamati suatu fenomena yang sedang berlangsung yaitu
maraknya anak muda yang mengidolakan
tokoh dalam sinetron anak jalanan.
|
5
10
menit
10
menit
|
2. Organisasi belajar:
|
guru memfasilitasi peserta didik untuk
memaha
mi masalah nyata yang telah disajikan, yaitu dengan mengidentifikasi apa yang perlu mereka ketahui dan apa yang
perlu dilakukan untuk menyelesaikan masalah yang sudah diidentifikasi. Dengan
hipotesa ;
1.
Mengapa
generasi muda lebih mengenal artis artis sinetron anak jalanan?
2.
Mengapa
Genersi muda Islam tidak mengidolakan Nabi SAW, akan tetapi justru mereka
lebih mengidolakan para artis sinetron?
3.
Bagaimana caranya agar generasi Islam menjadikan Nabi
sebagai idola
|
|
3.
Penyelidikan
kelompok
|
· Peserta didik di bagi menjadi 5 kelompok
· Guru membimbing peserta didik melakukan
pengumpulan data/informasi(dapat berupa pengetahuan, konsep, teori) mengenai
sejarah nabi Muhammad SAW baik itu kelahiran, sislihah keluarga, kehidupan
masa anak-anak sampai remaja, sampai beliau diangkat menjadi rasul melalui ,membaca, wawancara/bertanya antar teman untuk menemukan berbagai alternatif
penyelesaian masalah.
|
30
menit
|
4.
Pengembangan
dan penyajian hasil penyelesaian masalah:
|
· Guru membimbing peserta didik/kelompok untuk
menentukan penyelesaian masalah yang dipandang paling tepat dari berbagai
alternatif pemecahan masalah yang peserta didik temukan mengenai sejarah
nabi.
· Setiap kelompok menyusun laporan hasil
penyelesaian masalah, secara tertulis untuk dipresentasikan oleh masing
masing kelompok
· kelompok lain menaggapi dan memberi komentar
|
20
Menit
|
5.
Analisis dan
evaluasi proses penyelesaian masalah
|
· Lewat presentasi laporan penyelesaian masalah,
guru membimbing peserta didik untuk melakukan refleksi dan evaluasi terhadap
proses penyelesaian masalah mereka lakukan
· Guru bersama peserta didik melakukan evaluasi
terhadap hasil pemecahan masalah tersebut
|
20
menit
|
c. Penutup (20 menit)
1) Guru memberikan apresiasi
dan penguatan materi.
2) Guru bersama peserta
didik merumuskan simpulan.
3) Guru bersama-sama
peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
4) Guru menyampaikan kegiatan
yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.
5) Guru bersama-sama
para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.
2.
Pertemuan
ke-2
a.Pendahuluan (10 menit)
1)
Guru membuka pembelajaran dengan salam dan
berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
2)
Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Qur’ān surah pilihan yang dipimpin
oleh salah seorang peserta didik.
3)
Guru melakukan menanyakan wawasan peserta
didik terkait tentang najis dan hadas.
4)
Guru menyampaikan kompetensi dasar dan
indikator yang akan dicapai.
5)
Peserta didik dibagi menjadi empat
kelompok, masing- masing kelompok terdiri dari 6 orang peserta didik.
6)
Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan
dalam pembelajaran.
b.
Kegiatan inti (90 menit)
Langkah/
Tahap
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Merumuskan masalah:
|
Guru
membimbing dan memfasilitasi peserta didik untuk merumuskan dan memahami
masalah nyata yang akan disajikan.
|
10 menit
10 menit
|
Merumuskan hipotesis:
|
Guru membimbing peserta didik merumuskan hipotesis
dengan cara mengajukan berbagai pertanyaan untuk memancing jawaban sementara
peserta dengan rumusan :
1.
Strategi apa yang dilakukan Nabi dalam berdakwah ?
2.
Apa itu assabiqunal awwalun?
3.
Hambatan apa yang di alami Nabi ?
4.
Bagaimana Nabi menghadapi hambatan dan tantangan dari kaum Kafir ?
|
|
Mengumpulkan
data
|
· Guru mengarahkan
peserta didik untuk menemukan fakta yang dibutuhkan untuk menjawab
pertanyaan sementara (hipotesis) yang sudah dirumuskan sebelumnya. dengan :
1. Setiap kelompok bermusyawarah/Diskusi secara mendalam, membaca buku , maupun sumber lain
untuk menjawab pertanyaan –pertanyaan
2. Membauat peta konsep strategi dakwah nabi
|
40
menit
|
Menguji
hipotesis
|
· Guru mengarahkan peserta didik untuk mencocokkan
jawaban sementara dengan jawaban yang dibangun dari data yang telah
dikumpulkan lewat diskusi kelompok
· Hasil akhir yang diharapkan adalah menerima
jawaban yang berdasarkan data.
|
20
menit
|
Merumuskan
kesimpulan
|
· Guru membimbing peserta didik mendeskripsikan
temuan yang diperoleh berdasarkan hasil pengujian hipotesis.
· Untuk mencapai kesimpulan yang akurat guru
menunjukkan pada peserta didik data mana yang relevan.
|
10
menit
|
c. Penutup (20 menit)
1)
Guru memberikan penguatan
materi dan apresiasi.
2)
Guru dan siswa menyimpulkan materi sejarah
nabi
3) Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran
yang telah dilaksanakan.
4) Guru memberikan reward kepada kelompok terbaik.
5) Guru menyampaikan kegiatan yang akan dilakukan pada pertemuan
berikutnya.
6) Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didik berkaitan dengan kegiatan yang akan
dipelajari pada pertemuan berikutnya.
7) Guru bersama-sama
para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.
E. Penilaian, Remedial dan Pengayaan
1. Penilaian
a.
Teknik Penilaian:
1)
Aspek sikap : Observasi, penilaian diri, penilaian antar teman
2)
Aspek Pengetahuan: Tes tertulis
3)
Aspek Keterampilan: Kinerja
b.
Instrumen penilaian dan pedoman perskoran :
1)
Pertemuan pertama
2) Sikap
(Terlampir)
a)
Pengetahuan
(Terlampir)
b)
Keterampilan (Terlampir)
2. Pengayaan
Peserta
didik yang sudah menguasai materi, diminta menghafal wahyu pertama Q.S. al
‘alaq ayat 1-5. kemudian menampilkan
hafalan. (Soal terlampir ).
3. Remedial
Peserta didik yang belum menguasai materi diajarkan
kembali dengan cara yang lebih sederhana dan dilakukan penilaian kembali
tentang sejarah perjuangan nabi periode makkah yang dilaksanakan diluar jam
pelajaran setelah pulang sekolah. (
Soal terlampir ).
F.
Media/Alat,Bahan dan Sumber Pembelajaran
1.
Media/alat
a.
Video sinetron anak jalanan dan sejarah nabi
b.
Speaker active
c.
LCD/TV/Laptop
2.
Bahan
a.
Buku Tugas
kelompok
b.
Lem/dobel tip
3.
Sumber
Belajar
a.
Departemen Agama RI. 2005. al-Qur’āndan Terjemahnya. Jakarta:
Departemen Agama RI.
b.
Muhammad Ahsan dan Sumiyati,2014. Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII/ Buku Siswa . Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.
c.
Muhammad Ahsan dan Sumiyati, 2014. Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII/Buku Guru. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.
Kedungwuni, 18 Juli 2016
Mengetahui; Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah, PAI
dan Budi Pekerti,
Mucikno, S.Pd, M.Pd Wiwik Widyoretno, S.Pd.I
NIP. 19690610
199403 1 006 NIP. 19810723 200801 2 018
LAMPIRAN-LAMPIRAN:
Lampiran
1 : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap
Spiritual)
Nama Peserta didik
|
:
|
…………
|
NIS
|
:
|
........................................................
|
Kelas
|
:
|
........................................................
|
Indikator
|
:
|
1.11.1.Berperilaku
sebagaimana perjuangan nabi Muhammad SAW dalam menegakan risalah Allah SWT
|
Teknik Penilaian
|
:
|
Observasi, penilaian diri, penilaian antar peserta didik
|
Penilai
|
:
|
Guru, diri sendiri, antar peserta didik
|
Rubrik penilaian
|
:
|
a.
Jurnal
No.
|
Hari/ Tanggal
|
Nama
|
Catatan Kejadian
|
Butir sikap
|
KET
|
1
|
|||||
2
|
b.
Penilaian Diri
Sikap
yang dinilai : .
No.
|
Pernyataan
|
Jawaban
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Saya selalu berkata jujur sebagaimana
rasulullah yang memiliki sifat sidiq
|
||
2
|
Saya selalu bersemangat dalam belajar
|
||
3
|
Saya mengagumi kegigihan rasulullah
dalam berdakwah
Saya mengagumi kegigihan rasulullah
dalam berdakwah
|
||
4
|
Saya selalu menjaga amanah yang
diberikan kepada saya
|
||
5
|
Saya selalu bersikap sopan kepada
setiap orang
|
c.
Penilaian Antar Peserta Didik
Nama Pesrta didik :
Sikap Spiritual yang diamati : Sikap Iman Kepada Rasul Allah SWT.
No.
|
Aspek Pengamatan
|
Jawaban
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Teman Saya selalu berkata jujur
sebagaimana rasulullah yang memiliki sifat sidiq
|
||
2
|
Teman Saya selalu bersemangat dalam
belajar
|
||
3
|
Teman Saya mengagumi kegigihan
rasulullah dalam berdakwah
|
||
4
|
Teman Saya selalu menjaga amanah yang
diberikan
|
||
5
|
Teman Saya selalu bersikap sopan
kepada setiap orang
|
Lampiran
2 : Instrumen
Penilaian (Aspek Sikap Sosial)
Nama Peserta didik
|
:
|
........................................................
|
NIS
|
:
|
........................................................
|
Kelas
|
:
|
........................................................
|
Indikator
|
:
|
Bersikap
jujur seperti yang dicontohlan rasullulah saw
Bersikap
semangat seperti yang dicotohkan rasulullah ketika berdakwah
|
Teknik Penilaian
|
:
|
Observasi, penilaian diri, penilaian antar peserta didik
|
Penilai
|
:
|
Guru, diri sendiri, antar peserta didik
|
Rubrik penilaian
|
:
|
a.
Jurnal
No.
|
Hari/ Tanggal
|
Nama
|
Catatan Kejadian
|
Butir sikap
|
Tindak lanjut
|
1
|
|||||
2
|
a.
Penilaian Diri
Sikap
yang dinilai : .Iman Kepada Rasul Allah
SWT
No.
|
Pernyataan
|
Jawaban
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Saya selalu membayar ketika jajan di
kantin
|
||
2
|
Saya selalu monolong teman yang
membutuhkan
|
||
3
|
Saya menghargai pendapat orang lain
|
||
4
|
Saya mengikuti pelajaran dengan
semangat
|
b.
Penilaian Antar Peserta Didik
Nama Pesrta didik :
Sikap Spiritual yang diamati : Sikap Iman Kepada Allah Swt.
No.
|
Aspek Pengamatan
|
Jawaban
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Teman Saya selalu membayar ketika
jajan di kantin
|
||
2
|
Teman Saya selalu monolong teman yang
membutuhkan
|
||
3
|
Teman Saya menghargai pendapat orang
lain
|
||
4
|
Teman Saya mengikuti pelajaran dengan
semangat
|
Lampiran
3 : Penilaian Pengetahuan
NO
|
KD
|
MATERI
|
INDIKATOR
SOAL
|
BENTUK
SOAL
|
JML
|
1
|
3.11
memahami sejarah perjuangan nabi Muhammad saw periode makkah
|
Masa
Kelahiran sampai masa dewasa nabi Muhammad saw
|
Menjelaskan
sejarah lahir dan silsilah nabi muhammad saw
|
URAIAN
|
1
|
2
|
3.11
memahami sejarah perjuangan nabi Muhammad saw periode makkah
|
Masa
Kelahiran sampai masa dewasa nabi Muhammad saw
|
Menjelaskan
kegiatan nabi muhammad saw di waktu anak-anak dan dewasa
|
URAIAN
|
2
|
3
|
3.11
memahami sejarah perjuangan nabi Muhammad saw periode makkah
|
Pengangkatan
Nabi Muhammad SAW sebagai nabi/Rasul
|
menjelaskan
sejarah diangkatnya nabi muhammad menjadi rasul
|
Uraian
|
1
|
4
|
3.11
memahami sejarah perjuangan nabi Muhammad saw periode makkah
|
Pengangkatan
Nabi Muhammad SAW sebagai nabi/Rasul
|
menyebutkan
wahyu pertama yang diterima rasulullah saw
|
Uraian
|
1
|
5
|
3.11
memahami sejarah perjuangan nabi Muhammad saw periode makkah
|
Dakwah
Nabi Muhammad SAW di Makkah
|
Menjelaskan
strategi dakwah nabi secara sembunyi sembunyi
|
Uraian
|
1
|
6
|
3.11
memahami sejarah perjuangan nabi Muhammad saw periode makkah
|
Dakwah
Nabi Muhammad SAW di Makkah
|
Menjelaskan
strategi dakwah nabi secara terang-terangan
|
Uraian
|
1
|
7
8
9
|
3.11
memahami sejarah perjuangan nabi Muhammad saw periode makkah
3.11
memahami sejarah perjuangan nabi Muhammad saw periode makkah
3.11
memahami sejarah perjuangan nabi Muhammad saw periode makkah
|
Dakwah
Nabi Muhammad SAW di Makkah
Dakwah
Nabi Muhammad SAW di Makkah
Dakwah
Nabi Muhammad SAW di Makkah
|
Menjelaskan
pengertian assabiqunal awwalun
Menyebutkan
sahabat yang termasuk assabiqunal awwalun
Menjelaskan
Rintangan-rintangan yang dihadapi rasul ketika berdakwah
|
Uraian
Uraian
Uraian
|
1
1
1
|
Bentuk
soal Esay :
- Jelaskan sejarah lahir dan silsilah nabi muhammad saw !
- Jelaskan kegiatan nabi muhammad saw di waktu anak-anak !
- Jelaskan kegiatan nabi muhammad saw di waktu dewasa !
- Jelaskan sejarah diangkatnya nabi muhammad menjadi rasul !
- Sebutkan wahyu pertama yang diterima rasulullah saw !
- Jelaskan yang dimaksud strategi dakwah nabi secara sembunyi sembunyi !
- Jelaskan yang dimaksud strategi dakwah nabi secara terang-terangan !
- Jelaskan pengertian assabiqunal awwalun !
- Sebutkan sahabat yang termasuk assabiqunal awwalun !
- Jelaskan rintangan-rintangan yang dihadapi rasul ketika berdakwah!
Kunci
jawaban :
NO
SOAL
|
KUNCI
JAWABAN
|
SKOR
|
1
|
Nabi
muhammad saw lahir di makkah tanggal 12 rabul awwal tahun gajah bertepatan
tanggal 20 april 571 M. Bapak bernama abdullah, ibu bernama aminah, kakek
beliau abdul mutholib, paman bernama abu tholib. Nabi muhammad merupakan
keturunan susku qurasy.
|
5
|
2
|
Pada
waktu anak-anak nabi sering mengembala kambing milik tetangga , menjadi buruh.
|
5
|
3
|
Ketika
dewasa nabi mulai membantu pamanya berdagang antar daerah, juga menjual
barang dagangan milik khadijah, beliaupun sudah mulai ikut berperang
|
5
|
4
|
Nabi
muhamad saw diangkat menjadi rasul pada umur 40 tahun pada tanggal 17
Ramadhan di gua hiro ketika beliau di temui malaikat jibril dengan membawa
wahyu Allah saw
|
10
|
5
|
Wahyu
pertama yang diterima nabi Surat al ‘alaq
|
5
|
6
|
Yang
dimaksud strategi dakwah secara sembunyi sembuyi yaitu nabi berdakwah pertama
kali dengan mendatangi keluarga secara diam-diam dan mengajak anggota
keluarga mengikuti agama yang dibawa belaiu
|
20
|
7
|
Yang
dimaksud strategi dakwah secara terang-terangan yaitu nabi berdakwah dengan
tidak lagi sembunyi-sembunyi, mengumpulkan seluruh anggota keluarga dan
tetangga pada sebuah tempat, mengajak mereka beriman kepada Allah SWT. Dakwah
ini dilakukan setelah turunya s. al hijr ayat 94-95
|
20
|
8
|
Assabiqunal
awwalun adalah orang-orang yang pertama kali memeluk agama Islam
|
5
|
9
|
Khadijah,
Abu Bakar, ali bin abi talib, Zaid bin harisah, Ummu Aiman
|
5
|
10
|
Orang
kafir qurasy menyuruh paman nabi yaitu abu talib untuk menghentikan dakwah
nabi, meneror pengikut nabi dengan cara membunu h budak yang masuk Islam,
memberikan ancaman kepada pengikut nabi, abu jahal menyewa orang yahudi untuk
mengejek dan mencela nabi.
|
10
|
Penskoran : nilai tiap soal dijumlah = 100
Lampiran
4 : Penilaian keterampilan
Nama
|
:
|
.........................................................
|
Kelas
|
:
|
........................................................
|
Indikator
|
:
|
|
Teknik Penilaian
|
:
|
Kinerja
|
Penilai
|
:
|
Guru
|
Kisi Kisi Ketrampilan
|
||
Rubrik penilaian
|
:
|
NO
|
KD
|
MATERI
|
INDIKATOR
SOAL
|
TEKNIK
PENILAIAN
|
1
|
4.11 Menyajikan strategi perjuangan
yang dilakukan nabi Muhammad saw periode makkah
|
Strategi Dakwah Nabi Muhammad SAW di
Makkah
|
Buatlah peta konsep strategi dakwah
nabi muhammad saw di makkah
|
Penilaian produk
|
RUBRIK
PENILAIAN
NO
|
NAMA
|
ASPEK DINILAI
|
NILAI
|
|||||||||||
KEJELASAN
|
KERUNTUTAN
|
BAHASA
|
KERAPIAN
|
|||||||||||
B
|
C
|
K
|
B
|
C
|
K
|
B
|
C
|
K
|
B
|
C
|
K
|
|||
Penskoran
: BAIK :
30
CUKUP : 15
KURANG : 5
Lampiran
4: Soal
Pengayaan
Soal :
1.
Hafalkan Q. S.
al ‘alaq ayat 1-5 !
Kunci :
Lampiran
5: Soal Remedial
Kerjakan soal
berikut !
1.
Jelaskan
strategi dakwah nabi secara sembunyi-sembunyi!
2.
Jelaskan
strategi dakwah nabi secara terang-terangan!
- Jelaskan rintangan-rintangan yang dihadapi rasul ketika berdakwah!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar