Menu

Minggu, 27 November 2016

RPP BAB 4: SELAMAT DATANG WAHAI NABIKU KEKASIH ALLAH SWT


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Sekolah                          : SMP N 1 Kedungwuni
Mata Pelajaran               : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/ Semester              : VII/1
Materi Pokok                 : Selamat Datang Nabi Kekasihku
Alokasi Waktu               : 2 pertemuan (6 JP)
A.      Kompetensi Inti
KI 1
KI 2   
:
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudutpandang/teori.

B.     KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR PENCAPAIAN
NO.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR

1



1.11.  Menghayati perjuangan Nabi Muhammad SAW. Periode Mekah dalam menegakan risalah Allah SWT


1.11.1.Berperilaku sebagaimana perjuangan nabi Muhammad SAW dalam menegakan risalah Allah SWT


2.
.
2.11. Meneladani perjuangan nabi Muhammad SAW periode Mekkah
2.11.1. Bersikap jujur seperti yang dicontohlan rasullulah saw
2.11.2 Bersikap semangat seperti yang dicotohkan rasulullah ketika berdakwah

3.

3.11 memahami sejarah perjuangan nabi Muhammad saw periode makkah

3.11.1. Menjelaskan sejarah lahir dan silsilah nabi  muhammad saw
3.11.2.Menjelaskan kegiatan nabi muhammad saw di waktu anak-anak dan dewasa
3.11.3. menjelaskan sejarah diangkatnya nabi muhammad menjadi rasul
3.11.4. menyebutkan wahyu pertama yang diterima rasulullah saw
3.11.5 Menjelaskan strategi dakwah nabi secara sembunyi sembunyi
3.11.6 Menjelaskan strategi dakwah nabi secara terang-terangan
3.11.7 Menjelaskan pengertian assabiqunal awwalun
3.11.8 Menyebutkan sahabat yang termasuk assabiqunal awwalun
3.11.9 Menjelaskan Rintangan-rintangan yang dihadapi rasul ketika berdakwah
4.

4.11 Menyajikan strategi perjuangan yang dilakukan nabi Muhammad saw periode makkah


4.11.9 Membuat peta konsep tentang strategi dakwah nabi di makkah

C.    Materi Pembelajaran
Pertemuan ke-1
a.    Masa Kelahiran sampai masa dewasa nabi Muhammad saw
b.    Pengangkatan Nabi Muhammad SAW sebagai nabi/Rasul

Pertemuan ke-2
a.       Dakwah Nabi Muhammad SAW di Makkah

D.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran    
1.      Pertemuan ke-1
                       a.     Pendahuluan  (10 menit)
1)        Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
2)        Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Qur’ān surah pilihan yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik.
3)        Guru menanyakan wawasan peserta didik terkait tentang sejarah nabi
4)        Guru menyampaikan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
5)        Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.
                       b.     Kegiatan inti (90 menit)
Langkah/
Tahap
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1.   Orientasi terhadap masalah:

Guru menyajikan masalah nyata kepada peserta didik .
Guru  langsung menyodorkan sebuah masalah dengan cara mengajak siswa mengamati suatu fenomena yang sedang berlangsung yaitu maraknya anak muda yang  mengidolakan tokoh dalam sinetron  anak jalanan.

5
10 menit




10 menit


2.   Organisasi belajar:

guru memfasilitasi peserta didik untuk memaha
mi masalah nyata yang telah disajikan, yaitu  dengan mengidentifikasi apa  yang perlu mereka ketahui dan apa yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan masalah yang sudah diidentifikasi. Dengan hipotesa ;
1.      Mengapa generasi muda lebih mengenal artis artis sinetron anak jalanan?
2.      Mengapa Genersi muda Islam tidak mengidolakan Nabi SAW, akan tetapi justru mereka lebih mengidolakan para artis sinetron?
3.      Bagaimana  caranya agar generasi Islam menjadikan Nabi sebagai idola

3.    Penyelidikan kelompok
·      Peserta didik di bagi menjadi 5 kelompok
·      Guru membimbing peserta didik melakukan pengumpulan data/informasi(dapat berupa pengetahuan, konsep, teori) mengenai sejarah nabi Muhammad SAW baik itu kelahiran, sislihah keluarga, kehidupan masa anak-anak sampai remaja, sampai beliau diangkat menjadi rasul melalui  ,membaca, wawancara/bertanya antar teman  untuk menemukan berbagai alternatif penyelesaian masalah.


30 menit
4.    Pengembangan dan penyajian hasil penyelesaian masalah:
·       Guru membimbing peserta didik/kelompok untuk menentukan penyelesaian masalah yang dipandang paling tepat dari berbagai alternatif pemecahan masalah yang peserta didik temukan mengenai sejarah nabi.
·       Setiap kelompok menyusun laporan hasil penyelesaian masalah, secara tertulis untuk dipresentasikan oleh masing masing kelompok
·       kelompok lain menaggapi dan memberi komentar

20 Menit
5.    Analisis dan evaluasi proses penyelesaian masalah

·      Lewat presentasi laporan penyelesaian masalah, guru membimbing peserta didik untuk melakukan refleksi dan evaluasi terhadap proses penyelesaian masalah mereka lakukan
·      Guru bersama peserta didik melakukan evaluasi terhadap hasil pemecahan masalah tersebut

20 menit

                       c.     Penutup (20 menit)
                                    1)     Guru memberikan apresiasi dan penguatan materi.
                                    2)     Guru bersama peserta didik merumuskan simpulan.
                                    3)     Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
                                    4)     Guru menyampaikan kegiatan yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.
                                    5)     Guru bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.

2.      Pertemuan ke-2
                            a.Pendahuluan  (10 menit)
1)      Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
2)        Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Qur’ān surah pilihan yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik.
3)        Guru melakukan menanyakan wawasan peserta didik terkait tentang najis dan hadas.
4)        Guru menyampaikan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
5)        Peserta didik dibagi menjadi empat kelompok, masing- masing kelompok terdiri dari 6 orang peserta didik.
6)        Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.

                    b.        Kegiatan inti (90 menit)
Langkah/
Tahap
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Merumuskan masalah:
Guru membimbing dan memfasilitasi peserta didik untuk merumuskan dan memahami masalah nyata yang akan disajikan.


10 menit


10 menit
Merumuskan hipotesis:

Guru membimbing peserta didik merumuskan hipotesis dengan cara mengajukan berbagai pertanyaan untuk memancing jawaban sementara peserta dengan rumusan :
1.        Strategi apa yang dilakukan Nabi dalam berdakwah ?
2.        Apa itu assabiqunal awwalun?
3.         Hambatan apa yang di alami Nabi ?
4.        Bagaimana Nabi menghadapi hambatan dan tantangan dari kaum Kafir ?
Mengumpulkan data

·      Guru mengarahkan  peserta didik untuk menemukan fakta yang dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan sementara (hipotesis) yang sudah dirumuskan sebelumnya. dengan :
1.      Setiap kelompok bermusyawarah/Diskusi secara  mendalam, membaca buku , maupun sumber lain untuk menjawab pertanyaan –pertanyaan
2.      Membauat peta konsep strategi dakwah nabi
40 menit
Menguji hipotesis

·      Guru mengarahkan peserta didik untuk mencocokkan jawaban sementara dengan jawaban yang dibangun dari data yang telah dikumpulkan lewat diskusi kelompok
·      Hasil akhir yang diharapkan adalah menerima jawaban yang berdasarkan data.

20 menit
Merumuskan kesimpulan

·      Guru membimbing peserta didik mendeskripsikan temuan yang diperoleh berdasarkan hasil pengujian hipotesis.
·      Untuk mencapai kesimpulan yang akurat guru menunjukkan pada peserta didik data mana yang relevan.

10 menit

                       c.     Penutup (20 menit)
                                    1)            Guru memberikan penguatan materi dan apresiasi.
                                    2)            Guru dan siswa menyimpulkan materi sejarah nabi
                                    3)     Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
                                    4)     Guru memberikan reward kepada kelompok terbaik.
                                    5)     Guru menyampaikan kegiatan yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.
                                    6)     Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didik berkaitan dengan kegiatan yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
                                    7)     Guru bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.

E.     Penilaian, Remedial dan Pengayaan
1. Penilaian
a.       Teknik Penilaian:
1)        Aspek sikap : Observasi, penilaian diri, penilaian antar teman
2)        Aspek Pengetahuan: Tes tertulis
3)        Aspek Keterampilan: Kinerja
b.      Instrumen penilaian dan pedoman perskoran :
1)   Pertemuan pertama
2) Sikap
(Terlampir)
a)    Pengetahuan
(Terlampir)
b)   Keterampilan (Terlampir)
2. Pengayaan
 Peserta didik yang sudah menguasai materi, diminta menghafal wahyu pertama Q.S. al ‘alaq ayat 1-5. kemudian menampilkan hafalan. (Soal terlampir ).
3. Remedial
Peserta didik yang belum menguasai materi diajarkan kembali dengan cara yang lebih sederhana dan dilakukan penilaian kembali tentang sejarah perjuangan nabi periode makkah yang dilaksanakan diluar jam pelajaran setelah pulang    sekolah. ( Soal terlampir ).

F.     Media/Alat,Bahan  dan Sumber Pembelajaran
             1.          Media/alat
a.         Video sinetron anak jalanan dan sejarah nabi
b.        Speaker active
c.         LCD/TV/Laptop
             2.          Bahan
                               a.      Buku Tugas kelompok
                               b.      Lem/dobel tip
             3.          Sumber Belajar
a.       Departemen Agama RI. 2005. al-Qur’āndan Terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama RI.
b.      Muhammad Ahsan dan Sumiyati,2014. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII/ Buku Siswa . Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
c.       Muhammad Ahsan dan Sumiyati, 2014. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII/Buku Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.



                                                                        Kedungwuni, 18  Juli 2016
Mengetahui;                                                                            Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah,                                                                      PAI dan Budi Pekerti,                                               

Mucikno, S.Pd, M.Pd                                                             Wiwik Widyoretno, S.Pd.I
NIP. 19690610 199403 1 006                                                            NIP. 19810723 200801 2 018




















LAMPIRAN-LAMPIRAN:
Lampiran 1     : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Spiritual)
Nama Peserta didik
:
…………
NIS
:
........................................................
Kelas
:
........................................................
Indikator
:
1.11.1.Berperilaku sebagaimana perjuangan nabi Muhammad SAW dalam menegakan risalah Allah SWT

Teknik Penilaian
:
Observasi, penilaian diri, penilaian antar peserta didik
Penilai
:
Guru, diri sendiri, antar peserta didik
Rubrik penilaian
:

a.      Jurnal

No.
Hari/ Tanggal
Nama
Catatan Kejadian
Butir sikap
KET

1







2










b.   Penilaian Diri
Sikap yang dinilai   :  .

No.
Pernyataan
Jawaban
Ya
Tidak
1
Saya selalu berkata jujur sebagaimana rasulullah yang memiliki sifat sidiq


2
Saya selalu bersemangat dalam belajar


3
Saya mengagumi kegigihan rasulullah dalam berdakwah
Saya mengagumi kegigihan rasulullah dalam berdakwah


4
Saya selalu menjaga amanah yang diberikan kepada saya


5
Saya selalu bersikap sopan kepada setiap orang



c.    Penilaian Antar Peserta Didik
Nama Pesrta didik                       :
Sikap Spiritual yang diamati        :  Sikap Iman Kepada  Rasul Allah SWT.

No.
Aspek Pengamatan
Jawaban
Ya
Tidak
1
Teman Saya selalu berkata jujur sebagaimana rasulullah yang memiliki sifat sidiq


2
Teman Saya selalu bersemangat dalam belajar


3
Teman Saya mengagumi kegigihan rasulullah dalam berdakwah



4
Teman Saya selalu menjaga amanah yang diberikan


5
Teman Saya selalu bersikap sopan kepada setiap orang



Lampiran 2     : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Sosial)
Nama Peserta didik
:
........................................................
NIS
:
........................................................
Kelas
:
........................................................
Indikator
:
Bersikap jujur seperti yang dicontohlan rasullulah saw
Bersikap semangat seperti yang dicotohkan rasulullah ketika berdakwah

Teknik Penilaian
:
Observasi, penilaian diri, penilaian antar peserta didik
Penilai
:
Guru, diri sendiri, antar peserta didik
Rubrik penilaian
:








a.      Jurnal

No.
Hari/ Tanggal
Nama
Catatan Kejadian
Butir sikap
Tindak lanjut

1







2











a.    Penilaian Diri
Sikap yang dinilai   :  .Iman Kepada Rasul Allah SWT

No.
Pernyataan
Jawaban
Ya
Tidak
1
Saya selalu membayar ketika jajan di kantin


2
Saya selalu monolong teman yang membutuhkan


3
Saya menghargai pendapat orang lain


4
Saya mengikuti pelajaran dengan semangat




b.   Penilaian Antar Peserta Didik
Nama Pesrta didik                       :
Sikap Spiritual yang diamati        :  Sikap Iman Kepada  Allah Swt.

No.
Aspek Pengamatan
Jawaban
Ya
Tidak
1
Teman Saya selalu membayar ketika jajan di kantin


2
Teman Saya selalu monolong teman yang membutuhkan


3
Teman Saya menghargai pendapat orang lain


4
Teman Saya mengikuti pelajaran dengan semangat


Lampiran 3     : Penilaian Pengetahuan
NO
KD
MATERI
INDIKATOR SOAL
BENTUK SOAL
JML
1
3.11 memahami sejarah perjuangan nabi Muhammad saw periode makkah

Masa Kelahiran sampai masa dewasa nabi Muhammad saw

Menjelaskan sejarah lahir dan silsilah nabi muhammad saw

URAIAN
1
2
3.11 memahami sejarah perjuangan nabi Muhammad saw periode makkah

Masa Kelahiran sampai masa dewasa nabi Muhammad saw

Menjelaskan kegiatan nabi muhammad saw di waktu anak-anak dan dewasa

URAIAN
2
3




3.11 memahami sejarah perjuangan nabi Muhammad saw periode makkah

Pengangkatan Nabi Muhammad SAW sebagai nabi/Rasul
menjelaskan sejarah diangkatnya nabi muhammad menjadi rasul
Uraian




1





4






3.11 memahami sejarah perjuangan nabi Muhammad saw periode makkah



Pengangkatan Nabi Muhammad SAW sebagai nabi/Rasul


menyebutkan wahyu pertama yang diterima rasulullah saw



Uraian






1





5





3.11 memahami sejarah perjuangan nabi Muhammad saw periode makkah


Dakwah Nabi Muhammad SAW di Makkah



Menjelaskan strategi dakwah nabi secara sembunyi sembunyi

Uraian





1





6





3.11 memahami sejarah perjuangan nabi Muhammad saw periode makkah


Dakwah Nabi Muhammad SAW di Makkah



Menjelaskan strategi dakwah nabi secara terang-terangan


Uraian





1






7





8






9





3.11 memahami sejarah perjuangan nabi Muhammad saw periode makkah


3.11 memahami sejarah perjuangan nabi Muhammad saw periode makkah



3.11 memahami sejarah perjuangan nabi Muhammad saw periode makkah


Dakwah Nabi Muhammad SAW di Makkah



Dakwah Nabi Muhammad SAW di Makkah


Dakwah Nabi Muhammad SAW di Makkah


Menjelaskan pengertian assabiqunal awwalun


Menyebutkan sahabat yang termasuk assabiqunal awwalun


Menjelaskan Rintangan-rintangan yang dihadapi rasul ketika berdakwah


Uraian





Uraian






Uraian


1





1






1
































Bentuk soal Esay :

  1. Jelaskan sejarah lahir dan silsilah nabi muhammad saw !
  2. Jelaskan kegiatan nabi muhammad saw di waktu anak-anak !
  3. Jelaskan kegiatan nabi muhammad saw di waktu dewasa !
  4. Jelaskan sejarah diangkatnya nabi muhammad menjadi rasul !
  5. Sebutkan wahyu pertama yang diterima rasulullah saw  !
  6. Jelaskan yang dimaksud strategi dakwah nabi secara sembunyi sembunyi  !
  7. Jelaskan yang dimaksud strategi dakwah nabi secara terang-terangan !
  8. Jelaskan pengertian assabiqunal awwalun !
  9. Sebutkan sahabat yang termasuk assabiqunal awwalun !
  10. Jelaskan rintangan-rintangan yang dihadapi rasul ketika berdakwah!

Kunci jawaban :
NO SOAL
KUNCI JAWABAN
SKOR
1
Nabi muhammad saw lahir di makkah tanggal 12 rabul awwal tahun gajah bertepatan tanggal 20 april 571 M. Bapak bernama abdullah, ibu bernama aminah, kakek beliau abdul mutholib, paman bernama abu tholib. Nabi muhammad merupakan keturunan susku qurasy.

5
2
Pada waktu anak-anak nabi sering mengembala kambing  milik tetangga , menjadi buruh.

5
3
Ketika dewasa nabi mulai membantu pamanya berdagang antar daerah, juga menjual barang dagangan milik khadijah, beliaupun sudah mulai ikut berperang

5
4
Nabi muhamad saw diangkat menjadi rasul pada umur 40 tahun pada tanggal 17 Ramadhan di gua hiro ketika beliau di temui malaikat jibril dengan membawa wahyu Allah saw

10
5
Wahyu pertama yang diterima nabi Surat al ‘alaq

5
6
Yang dimaksud strategi dakwah secara sembunyi sembuyi yaitu nabi berdakwah pertama kali dengan mendatangi keluarga secara diam-diam dan mengajak anggota keluarga mengikuti agama yang dibawa belaiu

20
7
Yang dimaksud strategi dakwah secara terang-terangan yaitu nabi berdakwah dengan tidak lagi sembunyi-sembunyi, mengumpulkan seluruh anggota keluarga dan tetangga pada sebuah tempat, mengajak mereka beriman kepada Allah SWT. Dakwah ini dilakukan setelah turunya s. al hijr ayat 94-95

20
8
Assabiqunal awwalun adalah orang-orang yang pertama kali memeluk agama Islam

5
9
Khadijah, Abu Bakar, ali bin abi talib, Zaid bin harisah, Ummu Aiman

5

10
Orang kafir qurasy menyuruh paman nabi yaitu abu talib untuk menghentikan dakwah nabi, meneror pengikut nabi dengan cara membunu h budak yang masuk Islam, memberikan ancaman kepada pengikut nabi, abu jahal menyewa orang yahudi untuk mengejek dan mencela nabi.

10

  Penskoran : nilai tiap soal dijumlah = 100












Lampiran 4     : Penilaian keterampilan
Nama
:
.........................................................
Kelas
:
........................................................
Indikator
:

Teknik Penilaian
:
Kinerja
Penilai
:
Guru
Kisi Kisi Ketrampilan


Rubrik penilaian
:


NO
KD
MATERI
INDIKATOR SOAL
TEKNIK PENILAIAN
1
4.11 Menyajikan strategi perjuangan yang dilakukan nabi Muhammad saw periode makkah

Strategi Dakwah Nabi Muhammad SAW di Makkah

Buatlah peta konsep strategi dakwah nabi muhammad saw di makkah

Penilaian produk



RUBRIK PENILAIAN

NO

NAMA
ASPEK DINILAI
NILAI
KEJELASAN
KERUNTUTAN
BAHASA
KERAPIAN



B
C
K
B
C
K
B
C
K
B
C
K
























Penskoran : BAIK             : 30
                   CUKUP       : 15
                   KURANG     : 5






                    
Lampiran 4: Soal Pengayaan
 Soal :
1.      Hafalkan Q. S. al ‘alaq ayat 1-5 !




Kunci :

Lampiran 5: Soal Remedial
Kerjakan soal berikut !
1.      Jelaskan strategi dakwah nabi secara sembunyi-sembunyi!
2.      Jelaskan strategi dakwah nabi secara terang-terangan!
  1. Jelaskan rintangan-rintangan yang dihadapi rasul ketika berdakwah!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar