Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Satuan Pendidikan : SMP N 1 Kedungwuni
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas / Semester : VII (Tujuh) /
Ganjil
Materi Pokok : Cinta
Ilmu Pengetahuan
Alokasi Waktu : 5 pertemuan (15 JP)
A.
Kompetensi
Inti
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2 :
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 :
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 :
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
A.
KOMPETENSI DASAR
dan INDIKATOR:
NO.
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
|
1
|
1.1
|
Terbiasa membaca Al Quran dengan meyakini bahwa Allah SWT akan meninggikan derajat orang yang beriman dan berilmu
|
1.1.1 Meyakini bahwa Allah SWT akan meninggikan derajat orang
yang beriman dan berilmu
1.1.2 Mempercayai
bahwa Allah SWT akan mencintai orang
yang beriman dan berilmu
|
2.1
|
Menunjukkan
perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi QS. Al Mujadilah 58:11,
QS. Ar Rahman 55:33 dan hadits terkait
|
2.1.1 Menunjukkan
perilaku semangat menuntut ilmu sebagai
implementasi QS. Al Mujadilah 58:11, QS. Ar
Rahman 55:33 dan hadits terkait
2.1.2
Menampilkan perilaku mencintai ilmu sebagai implementasi
QS. Al Mujadilah 58:11, QS. Ar Rahman 55:33 dan hadits terkait
|
|
3
|
3.1
|
Memahami makna QS.
Al Mujadilah 58:11, QS. Ar Rahman 55:33 dan hadits terkait tentang menuntut
ilmu
|
3.1.1
Menjelaskan makna QS. Al Mujadilah 58:11, QS. Ar Rahman 55:33 dan hadits
terkait tentang menuntut ilmu
3.1.2
Menyimpulkan isi kandungan QS. Al Mujadilah 58:11, QS. Ar Rahman 55:33 dan
hadits terkait tentang menuntut ilmu
|
4
|
4.1
|
Menunjukkan hafalan
QS. Al Mujadilah 58:11, QS. Ar Rahman 55:33 dan hadits terkait dengan lancer
|
4.1.1
Mendemonstrasikan hafalan QS. Al Mujadilah 58:11, QS. Ar Rahman 55:33 dan
hadits terkait sesuai tajwid
|
4.2
|
Menyajikan
keterkaitan semangat menuntut ilmu dengan pesan QS. Al Mujadilah 58:11, QS.
Ar Rahman 55:33.
|
4.1.2
Membuat poster tentang keterkaitan semangat menuntut ilmu dengan pesan yang
terkandung dalam QS. Al Mujadilah 58:11, QS. Ar Rahman 55:33.
|
B.
Materi
Pembelajaran
1.
Q.S.al-Mujadalah ayat 11
2.
Q.S. ar-Rahman ayat 33
3.
Hadits yang terkait
4.
Arti Q.S.al-Mujadalah ayat 11 dan Q.S. ar-Rahman ayat 33 serta hadits
tentang menuntut ilmu
5.
Kandungan Q.S.al-Mujadalah ayat 11 dan Q.S. ar-Rahman ayat 33 serta
hadits tentang menuntut ilmu
6.
Keterkaitan semangat menuntut ilmu dengan pesan Q.S.al-Mujadalah ayat 11
dan Q.S. ar-Rahman ayat 33
7.
Hukum bacaan tajwid tentang Al-Syamsiyah dan Al-Qamariyah
C.
Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pertemuan Pertama
a. Pendahuluan
(15 menit)
·
Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama
dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
·
Guru memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/ayatpilihan (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan
sebelumnya);
·
Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan
pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
·
Guru
memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang
berkaitan denganmateri pelajaran.
·
Guru
menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
·
Guru
membagi peserta didik dalam beberapa kelompok.
b. Kegiatan inti (90 menit)
1)
Mengamati
1)
Peserta didik mengamati
tayangan audio visual seorang Qori yag sedang membaca al-Quran dengan fasih.
2)
Peserta didik menyimak
penjelasan guru tentang hukum
bacaan Al-syamsiyah dan al-Qomariyah.
2)
Menanya
1)
Peserta
didik merumuskan pertanyaan tentang bacaan-bacaan tajwid dalam al-Quran.
2)
Pesera
didik saling mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan materi pembelajaran.
3)
Mengumpulkaninformasi
1)
Setiap
kelompok berdiskusi tentang macam-macam huruf Qomariyah dan Syamsiyah.
2)
Setiap
kelompok berdiskusi tentang tanda-tanda dan cara membaca hukum bacaan
Al-Syamsiyah dan Al Syamsiyah
3)
Setiap
kelompok berlatih cara membaca Al-Syamsiyah dan Al-Qomariyah pada ayat-ayat
al-Quran.
4)
Mengasosiasi
1)
Setiap
kelompok berdiskusi dalam mengidentifisi contoh hokum bacaan AL-Syamsiyah dan
Al-Qomariyah dalam al-Qur’an.
2)
Setiap
kelompok menuliskan hasil diskusinya dalam kertas karton.
5)
Mengomunikasikan
1)
setiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di hadapan kelompok lain.
2)
setiap
kelompok mendemonstrasikan bacaan Al- Syamsiyah dan Al-Qomariyah pada ayat ayat
Al Qur’an.
3)
setiap
kelompok memberikan tanggapan terhadap presentasi kelompok lainnya.
c. Penutup (15 menit)
1.
Guru
memfasilitasi peserta didik membuat simpulan mengenai hokum bacaan tajwid hokum
bacaan Al syamsiyah dan Al Qomariyah.
2.
Guru
bersama sama para peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang
telah dilaksanakan.
3.
Guru
memberikan reward kepada kelompok peserta didik terbaik
4.
Guru
menjelaskan materi yang dipelajari pada pertemuan berikutnya.
5.
Guru
bersama sama para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.
2.
Pertemuankedua
a.
Pendahuluan (15
menit)
• Guru membuka pembelajaran dengan salam dan
berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
• Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Qur’ān
surah pilihan yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik.
• Guru menyampaikan kompetensi dasar dan
indikator yang akan dicapai.
• Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan
dilaksanakan dalam pembelajaran.
• Guru menanyakan wawasan peserta didik
terkait tentang pentingnya menuntut
ilmu.
b.
Kegiataninti (90 menit)
1) Mengamati
• Siswa
membaca bersama QS. Al Mujadalah 58:11, QS. Ar Rahman 55:33 dan hadits terkait
tentang menuntut ilmu sesuai dengan ilmu tajwid
• LCD
tentang QS. Al Mujadalah 58:11, QS. Ar Rahman 55:33 dan Mengamati hadits
terkait tentang menuntut ilmu tentang bacaan dan tulisan sambil mengevaluasi
bacaannya
2) Menanya
• Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan kepada
teman kelompok dan guru tentang hal- hal yang belum jelas dari pengamatan
terhadap tayangan
LCD
• Peserta
didik menanyakan potongan ayat yang mengandung hukum bacaan Al Syamsiyah dan Al
Qamariyah
3) Mengeksplorasi
• Siswa
berkelompok, kemudian memilih salah satu diantara mereka yang fasih bacaan Al
Qurannya menjadi tutor sebaya
• Masing-masing
anggota kelompok membaca QS Al Mujadalah 58:11 dan QS Ar Rahman 55:33 secara
bergantian dibimbing oleh tutor sebaya
• Siswa
mencari informasi tentang hukum bacaan Al Syamsiyah dan Al Qamariah
4) Asosiasi
• Siswa
mengidentifikasi hukum bacaan Al Syamsiyah dan Al Qamariah
5) Komunikasi
• Perwakilan
anggota kelompok mendemonstrasikan bacaan QS Al Mujadalah 58:11 dan QS Ar
Rahman 55:33 dan memaparkan temuan hukum bacaan Al Syamsiyah dan Al Qamariah
• Kelompok
lain mengamati dan memberi penilaian terhadap bacaan QS Al Mujadalah 58:11 dan
QS Ar Rahman 55:33 dan temuan hukum bacaan Al Syamsiyah dan Al Qamariah
c. Penutup
(15 menit)
• Guru bersama-sama para peserta didik melakukan refleksi
terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
• Guru memberikan reward kepada “kelompok peserta
didik terbaik”.
• Guru
menjelaskan materi yang akan dipelajari
pada pertemuan berikutnya.
• Guru
memberikan tugas mandiri kepada peserta didik berkaitan
dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
• Guru bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran
dengan berdoa.
3.
Pertemuan
3
a. Pendahuluan
(15 menit)
• Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama
dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
• Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Quran surah
ayat pilihan yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik.
• Guru memperhatikan kesiapan diri peserta didik dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapian pakaian, posisi, dan
tempat duduk peserta didik.
• Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara
komunikatif yang berkaitan dengan materi
pembelajaran.
• Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan
dicapai.
• Guru mengkondisikan peserta didik untuk duduk secara
berkelompok.
• Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan
dalam pembelajaran.
• Guru
menggunakan pendekatan discovery learning
b.
Kegiatan inti ( 90 menit )
1)
Mengamati
•
Secara bergantian peserta didik menyimak surah
ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11.
•
Satu persatu peserta didik membaca surah ar-Rahman/55:33 dan
surah al-Mujadalah/58:11.
•
Di bawah bimbingan guru, peserta didik mengartikan Q.S. Ar-Rahman (55): 33 dan Q.S.Al- Mujadalah (58): 11 dan hadis
terkait tentangmenuntut ilmu secara perkata dan keseluruhan.
2)
Menanya
•
Melalui motivasi dari
guru mengajukan pertanyaan kepada teman kelompok dan guru tentang hal- hal yang
belum jelas dari pengamatan terhadap tayangan LCD
3)
Mengeksplorasi
Game “Maching Card”, dengan cara:
•
Dengan bimbingan guru, peserta didik mengkondisikan
kelas untuk game.
•
Guru membagikan secara acak kartu yang telah
dipersiapkan yang berisi potongan-potongan ayat Q.S. Ar-Rahman
(55):33, atau Q.S.Al- Mujadalah (58):11, atau hadits tentang ilmu
pengetahuan dan arti dari potongan ayat atau hadits
tersebut.
•
(Game Pertama) Dengan aba-aba guru, peserta didik diminta untuk
mencari pasangan potongan-potongan kertas yang berisi potongan-potongan ayat Q.S. Ar-Rahman (55): 33 dan Q.S.Al- Mujadalah (58): 11dan artinya yang
tersebar di antara mereka
4)
Mengasosiasi
•
Siswa diminta melafadzkan potongan
ayat / hadits secara berurutan sehingga terbaca satu ayat / hadits yang utuh
5)
Mengkomunikasikan
•
Secara berpasangan siswa mendemontrasikan hafalan, arti dan kandunganayat Q.S. Al-Mujadilah
(58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33, atau hadits tentang ilmu pengetahuan
c.
Penutup (15 menit)
•
Guru melakukan post test terhadap pemahaman peserta
didik selama proses pembelajaran.
•
Guru bersama-sama para peserta didik melakukan
refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
•
Guru memberikan reward kepada “peserta didik
terbaik”.
•
Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya.
•
Guru memberikan tugas mandiri kepada
peserta didik berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya.
•
Guru bersama-sama para peserta didik menutup
pelajaran dengan berdoa
4.
Pertemuan4
a.
Pendahuluan (15 menit)
• Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama
dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
• Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Qur’ān
surah pilihan yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik.
• Guru menanyakan wawasan peserta didik terkait tentang pentingnya
menuntut ilmu.
• Guru menyampaikan kompetensi dasar dan indikator yang
akan dicapai.
• Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan
dalam pembelajaran.
• Guru
menggunakan pendekatan saintifik
b.
Kegiatan
inti (90 menit)
1)
Mengamati
•
Siswa mendengarkan
bacaan surah ar-Rahman/55:33 , surah al-Mujadalah/58:11 dan
hadits tentang menuntut ilmu yang di tayangkan di LCD
•
Secara bergantian siswa
menghafal dan menyimak hafalan surah ar-Rahman/55:33 dan surah
al-Mujadalah/58:11 dan hadits tentang menuntut ilmu yang di tayangkan di LCD
2)
Menanya
•
Siswa mengajukan
pertanyaan tentang hal-hal yang belum jelas dari hasil menghafal QS Al
Mujadalah 58:11, QS Ar Rahman 55:33 dan hadits tentang menuntut ilmu
3)
Mengeksplorasi
•
Siswa menghafal bacaan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33
dan hadits secara bersama kemudian menghafal bersama di kelompok kelompok
4)
Mengasosiasi
•
Siswa praktek menghafal
satu persatu yang diamati oleh anggota kelompok dan memberi penilaian, secara
bergilir
5)
Komunikasi
•
Salah satu anggota
kelompok mendemonstrasikan hafalan QS.
Al-Mujadilah (58): 11 dan QS. Ar-Rahman (55): 33
dan hadits
•
Kelompok
lain mengamati dan memberi penilaian terhadap hafalan QS. Al-Mujadilah (58): 11 dan QS. Ar-Rahman (55): 33
dan hadits dari kelompok lain
c.
Penutup
(15 menit)
•
Guru melakukan post
test terhadap pemahaman peserta didik selama proses pembelajaran.
•
Guru bersama-sama
para peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah
dilaksanakan.
•
Guru memberikan reward
kepada “peserta didik terbaik”.
•
Guru menjelaskan materi
yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya.
•
Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didik berkaitan
dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
•
Guru bersama-sama
para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa
5.
Pertemuan
5
a.
Pendahuluan (15 menit)
• Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama
dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
• Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Qur’ān
surah pilihan yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik.
• Guru menanyakan wawasan peserta didik terkait tentang pentingnya
menuntut ilmu.
• Guru menyampaikan kompetensi dasar dan indikator yang
akan dicapai.
• Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan
dalam pembelajaran.
• Guru
membagi siswa menjadi 4 kelompok
• Guru
menggunakan pendekatan berbasis masalah
b.
Kegiatan
Inti (90 menit)
1. Orientasi
terhadap masalah
Guru
menyajikan gambar-gambar tentang kemiskinan, kenakalan remaja, kebodohan dan
perampokan
2. Organisasi
belajar:
• Masing-masing
kelompok membuat 4 pertanyaan yang sesuai dengan gambar
• Kemudian
gambar ditukar dengan kelompok lain
• Kelompok
memilih 2 pertanyaan yang disukai dalam gambar tersebut
3. Penyelidikan
Individual maupun kelompok
• Dengan
bimbingan guru, kelompok mencari jawaban atau solusi dari pertanyaan yang tadi
dipilih
4. Mengembangkan
dan menyajikan hasil penyelesaian masalah
• Kelompok
menyusun laporan hasil penyelesaian masalah
• Kelompok
mempresentasikan laporannya kemudian ditanggapi oleh kelompok lain
5. Analisis
dan evaluasi proses penyelesaian masalah
• Masing-masing
kelompok menyimpulkan hubungan gambar dengan pentingnya menuntut ilmu
c. Guru
memberikan penekanan tentang pentingnya orang yang memiliki ilmu pengetahuan
d.
Penutup
(15 menit)
• Guru bersama-sama para peserta didik melakukan refleksi
terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
• Guru memberikan reward kepada “kelompok peserta
didik terbaik”.
• Guru
menjelaskan materi yang akan dipelajari
pada pertemuan berikutnya.
• Guru
memberikan tugas mandiri kepada peserta didik berkaitan
dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
• Guru bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran
dengan berdoa.
D. PENILAIAN
1.
Sikap
spiritual
a. Teknik
Penilaian : Penilaian diri
b. Bentuk
Instrumen : Lembar penilaian
diri
c. Kisi-kisi :
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir
Instrumen
|
|
Meyakini
bahwa semua ilmu bersumber dari Allah swt.
|
Terlampir
|
|
Meyakini bahwa menuntut ilmu adalah perintah Allah
swt.
|
Terlampir
|
|
Meyakini bahwa umat Islam wajib mempunyai ilmu pengetahuan.
|
Terlampir
|
|
Meyakini bahwa setiap ilmu harus diamalkan
|
Terlampir
|
|
Meyakini bahwa Allah swt memuliakan terhadap orang
yang berilmu
|
Terlampir
|
Instrumen:
Terlampir
2.
Sikap
sosial
a. Teknik
Penilaian : Penilaian Antar Teman
b. Bentuk
Instrumen : Lembar Penilaian
c. Kisi-kisi:
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir
Instrumen
|
|
Mengajarkan ilmu pengetahuan kepada temannya.
|
Terlampir
|
|
Segera memberikan bantuan pemahaman ketika
dimintai tolong temannya tentang pelajaran.
|
Terlampir
|
|
Tidak pelit ketika temannya meminjam buku
pelajaran.
|
Terlampir
|
|
Tidak menyombongkan diri karena ilmu yang ia
miliki.
|
Terlampir
|
|
Tidak membeda-bedakan pergaulan dengan dasar
kepandaian.
|
Terlampir
|
Instrumen:
Terlampir
3.
Pengetahuan
a. Teknik
Penilaian :Tes Lisan
b. Bentuk
Instrumen : Lembar penilaian
tes lisan
c. Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
Butir
Instrumen
|
|
Dapat mengartikan Q.S. Ar-Rahman (55) ayat 33
|
Artikan Q.S. Ar-Rahman (55) ayat 33
dengan benar!
|
|
Dapat mengartikan Q.S. Al- Mujadalah (58) ayat 11
|
Artikan Q.S. Al- Mujadalah (58) ayat 11 dengan benar!
|
|
Dapat mengartikan salah satu hadits yang berkaitan
dengan ilmu pengetahuan
|
Artikan salah satu hadits yang berkaitan dengan
ilmu pengetahuan!
|
Instrumen:
Terlampir
4.
Keterampilan
a. Teknik
Penilaian : Performance
b. Bentuk
Instrumen : Praktik
c. Kisi-kisi :
No.
|
Keterampilan
|
Butir
Instrumen
|
|
Dapat membaca Q.S. Ar-Rahman (55) ayat 33
|
Bacalah Q.S. Ar-Rahman (55) ayat 33
dengan tartil!
|
|
Dapat membaca Q.S. Al- Mujadalah (58) ayat 11
|
Bacalah Q.S. Al- Mujadalah (58) ayat 11 dengan tartil !
|
Instrumen:
Terlampir
Mengetahui;
Kepala Sekolah, PAI
dan Budi Pekerti,
Mucikno, S.Pd, M.Pd
NIP.19690610
199403 1 006
|
Kedungwuni, 18 Juli 2016
Guru Mata
Pelajaran
Wiwik Widyoretno,
S.Pd.I
NIP. 19810723
200801 2 018
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN:
Lampiran 1 : Instrumen
Penilaian (Aspek Sikap Spiritual)
Nama
Siswa
Kelas
/ Semester
|
:
:
|
..........................................
VII
/ Ganjil
|
|||||||||
TeknikPenilaian
|
:
|
Penilaiandiri.
|
|||||||||
Penilai
|
:
|
Lembar
penilaian diri
|
|||||||||
NO.
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN JAWABAN
|
SKOR
|
||||||||
Sangat Setuju
|
Setuju
|
Ragu-Ragu
|
Tidak Setuju
|
||||||||
1
|
Bahwa semua ilmu bersumber
dari Allah swt.
|
||||||||||
2
|
Bahwa menuntut ilmu adalah
perintah Allah swt.
|
||||||||||
3
|
Bahwa umat Islam wajib mempunyai ilmu pengetahuan.
|
||||||||||
4
|
Bahwa setiap ilmu harus
diamalkan
|
||||||||||
5
|
Bahwa Allah swt memuliakan
terhadap orang yang berilmu
|
||||||||||
JUMLAH SKOR
|
|||||||||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
|||||||||
Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju
|
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
-------------------------
X 100
= ---------
Skormaksimal
|
|||||||||
CATATAN:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
|
|||||||||||
……………………., Tanggal : ……..……...
Siswa yang bersangkutan
(……………………………………………….)
Lampiran 2 :
Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Sosial)
Nama Siswa yang dinilai
Kelas
/ Semester
|
:
:
|
..........................................
VII / Ganjil
|
|||||||||
TeknikPenilaian
|
:
|
Penilaian antar teman .
|
|||||||||
Petunjuk:
a.
Dibuat kelompok dengan anggota masing-masing 5 – 10 orang
b.
Tiap-tiap kelompok berdiskusi untuk menilai setiap anggota kelompok
lain
c.
Membuat rekap penilaian untuk tiap-tiap Peserta didik
|
|||||||||||
NO.
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN
JAWABAN
|
SKOR
|
||||||||
Selalu
|
Sering
|
Kadang-
kadang
|
TidakPernah
|
||||||||
1
|
Suka mengajarkan ilmu pengetahuan kepada temannya.
|
||||||||||
2
|
Segera memberikan bantuan pemahaman ketika
dimintai tolong temannya tentang pelajaran.
|
||||||||||
3
|
Tidak pelit ketika temannya meminjam buku
pelajaran.
|
||||||||||
4
|
Tidak menyombongkan diri karena ilmu yang ia
miliki.
|
||||||||||
5
|
Tidak membeda-bedakan pergaulan dengan dasar kepandaian.
|
||||||||||
JUMLAH
SKOR
|
|||||||||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
|||||||||
Selalu
Sering
Kadang-kadang
Tidak pernah
|
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
-------------------------
X 100
= ---------
Skormaksimal
|
|||||||||
CATATAN:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
|
|||||||||||
…………………….,
Tanggal : ……..……...
Ketua
kelompok
(……………………………………………….)
Lampiran 3 :
Instrumen Penilaian (Aspek Pengetahuan)
Kelas
/ Semester
|
:
|
VII / Ganjil
|
KompetensiDasar
|
:
|
Memahami isi kandungan surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 sertahadis
yang terkait tentang menuntut ilmu.
|
Indikator
|
:
|
Menyebutkan arti
surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 serta
hadis tentang menuntut ilmu.
|
TeknikPenilaian
|
:
|
Lisan.
|
Penilai
|
:
|
Guru
|
No.
|
Indikator
|
Instrumen
|
|||
1.
|
Mengartikan QS. Al Mujadilah (58): 11
|
Artikan QS. Al Mujadilah (58): 11 berikutini
!
![]() |
|||
2.
|
Mengartikan QS. Ar-Rahman (55): 33
|
Artikan QS. Ar-Rahman (55): 33
berikutini!
|
|||
3.
|
Mengartikan Al-Hadits tentang menuntut ilmu
|
Artikan Al-Hadits tentang menuntut ilmu di bawahini !
|
|||
No
|
Jawaban
|
||||
1.
|
Allah
akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang
diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang
kamukerjakan.
|
||||
2.
|
Wahai
jama'ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru
langit dan bumi, Maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan.
|
||||
3.
|
Barang siapa menghendaki dunia raihlah dengan ilmu,
dan
barang siapa yang menghendaki akhirat raihlah dengan ilmu dan barang siapa yang menghendaki keduanya raih
pula dengan
ilmu
|
RUBRIK
PENILAIAN
|
|||||||
No.
|
Nama Surat
|
Kriteria
|
Skor
|
||||
Sangat Lancar
|
Lancar
|
Kurang Lancar
|
Tidak Lancar
|
||||
1
|
QS. Al Mujadalah (58): 11
|
||||||
2
|
QS. Ar-Rahman (55): 33
|
||||||
3
|
Salah Satu Hadits tentang Ilmu
Pengetahuan
|
||||||
JUMLAH
SKOR
|
|||||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
|||||
Sangat Lancar
Lancar
Kurang Lancar
TidakLancar
|
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
-------------------------
X 100
= ---------
Skormaksimal
|
|||||
Lampiran 4 :
Instrumen Penilaian (Aspek Ketrampilan)
NamaPesertadidik
|
:
|
…………………………………………………
|
Kelas
/ Semester
|
:
|
VII / Ganjil
|
KompetensiDasar
|
:
|
Membaca surahar-Rahman/55:33 dan surah
al-Mujadalah/58:11, dengantartil
|
TeknikPenilaian
|
:
|
Performance
|
Penilai
|
:
|
Guru
|
No.
|
Indikator
|
Instrumen
|
|||
1.
|
Membaca QS. Al Mujadilah (58): 11
|
Artikan QS. Al Mujadilah (58): 11 berikutini
!
![]() |
|||
2.
|
Membaca QS. Ar-Rahman (55): 33
|
Artikan QS. Ar-Rahman (55): 33
berikutini!
|
|||
RUBRIK PENILAIAN
|
NO.
|
NAMA SURAT
|
KRITERIA
|
SKOR
|
|||||
FASIH
|
TARTIL
|
KURANG TARTIL
|
TIDAK TARTIL
|
|||||
1
|
QS. Al Mujadalah (58): 11
|
|||||||
2
|
QS. Ar-Rahman (55): 33
|
|||||||
JUMLAH
SKOR
|
||||||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
||||||
Fashih
Tartil
Kurang Tartil
TidakTartil
|
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
-------------------------
X 100
= ---------
Skor maksimal
|
||||||
CATATAN GURU
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
|
||||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar