Menu

Minggu, 04 Desember 2016

RPP BAB 5: DENGAN ILMU PENGETAHUAN SEMUA JADI MUDAH



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Satuan Pendidikan      : SMP N 1 Kedungwuni
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas / Semester          : VII (Tujuh) / Ganjil
Materi Pokok              : Cinta Ilmu Pengetahuan
Alokasi Waktu            : 5 pertemuan (15 JP)

A.      Kompetensi Inti

KI 1              :   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2              :   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3              :   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4              :   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

A.      KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR:
NO.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1
1.1
Terbiasa membaca Al Quran dengan meyakini bahwa Allah SWT akan meninggikan derajat orang yang    beriman dan berilmu

1.1.1 Meyakini bahwa Allah SWT akan meninggikan derajat orang yang beriman dan berilmu
1.1.2 Mempercayai bahwa Allah SWT akan mencintai orang  yang beriman dan berilmu

2.1
Menunjukkan perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi QS. Al Mujadilah 58:11, QS. Ar Rahman 55:33 dan hadits terkait
2.1.1 Menunjukkan perilaku semangat menuntut ilmu   sebagai implementasi QS. Al Mujadilah 58:11, QS.   Ar Rahman 55:33 dan hadits terkait
2.1.2 Menampilkan perilaku mencintai ilmu sebagai implementasi QS. Al Mujadilah 58:11, QS. Ar Rahman 55:33 dan hadits terkait
3
3.1
Memahami makna QS. Al Mujadilah 58:11, QS. Ar Rahman 55:33 dan hadits terkait tentang menuntut ilmu

3.1.1 Menjelaskan makna QS. Al Mujadilah 58:11, QS. Ar Rahman 55:33 dan hadits terkait tentang menuntut ilmu
3.1.2 Menyimpulkan isi kandungan QS. Al Mujadilah 58:11, QS. Ar Rahman 55:33 dan hadits terkait tentang menuntut ilmu
4
4.1
Menunjukkan hafalan QS. Al Mujadilah 58:11, QS. Ar Rahman 55:33 dan hadits terkait dengan lancer
4.1.1 Mendemonstrasikan hafalan QS. Al Mujadilah 58:11, QS. Ar Rahman 55:33 dan hadits terkait sesuai tajwid


4.2
Menyajikan keterkaitan semangat menuntut ilmu dengan pesan QS. Al Mujadilah 58:11, QS. Ar Rahman 55:33.
4.1.2 Membuat poster tentang keterkaitan semangat menuntut ilmu dengan pesan yang terkandung dalam QS. Al Mujadilah 58:11, QS. Ar Rahman 55:33.


B.       Materi Pembelajaran
1.         Q.S.al-Mujadalah ayat 11
2.         Q.S. ar-Rahman ayat 33
3.         Hadits yang terkait
4.         Arti Q.S.al-Mujadalah ayat 11 dan Q.S. ar-Rahman ayat 33 serta hadits tentang menuntut ilmu
5.         Kandungan Q.S.al-Mujadalah ayat 11 dan Q.S. ar-Rahman ayat 33 serta hadits tentang menuntut ilmu
6.         Keterkaitan semangat menuntut ilmu dengan pesan Q.S.al-Mujadalah ayat 11 dan Q.S. ar-Rahman ayat 33
7.         Hukum bacaan tajwid tentang Al-Syamsiyah dan Al-Qamariyah

C.      Kegiatan Pembelajaran
1.         Pertemuan Pertama
                           a.     Pendahuluan  (15 menit)
·           Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
·           Guru memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/ayatpilihan (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
·           Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran  dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
·           Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan  denganmateri pelajaran.

·           Guru menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
·           Guru membagi peserta didik dalam beberapa kelompok.

                           b.     Kegiatan inti (90 menit)
1)        Mengamati
1)             Peserta didik mengamati tayangan audio visual seorang Qori yag sedang membaca al-Quran dengan fasih.
2)             Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang hukum bacaan Al-syamsiyah dan al-Qomariyah.
2)        Menanya
1)             Peserta didik merumuskan pertanyaan tentang bacaan-bacaan tajwid dalam al-Quran.
2)             Pesera didik saling mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan materi pembelajaran.
3)        Mengumpulkaninformasi
1)             Setiap kelompok berdiskusi tentang macam-macam huruf Qomariyah dan Syamsiyah.
2)             Setiap kelompok berdiskusi tentang tanda-tanda dan cara membaca hukum bacaan Al-Syamsiyah dan Al Syamsiyah
3)             Setiap kelompok berlatih cara membaca Al-Syamsiyah dan Al-Qomariyah pada ayat-ayat al-Quran.
4)        Mengasosiasi
1)             Setiap kelompok berdiskusi dalam mengidentifisi contoh hokum bacaan AL-Syamsiyah dan Al-Qomariyah dalam al-Qur’an.
2)             Setiap kelompok menuliskan hasil diskusinya dalam kertas karton.
5)        Mengomunikasikan
1)             setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di hadapan kelompok lain.
2)             setiap kelompok mendemonstrasikan bacaan Al- Syamsiyah dan Al-Qomariyah pada ayat ayat Al Qur’an.
3)             setiap kelompok memberikan tanggapan terhadap presentasi kelompok lainnya.
                            c.     Penutup (15 menit)
1.        Guru memfasilitasi peserta didik membuat simpulan mengenai hokum bacaan tajwid hokum bacaan Al syamsiyah dan Al Qomariyah.
2.        Guru bersama sama para peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
3.        Guru memberikan reward kepada kelompok peserta didik terbaik
4.        Guru menjelaskan materi yang dipelajari pada pertemuan berikutnya.
5.        Guru bersama sama para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.
2.         Pertemuankedua
a.    Pendahuluan  (15 menit)
     Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
     Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Qur’ān surah pilihan yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik.
     Guru menyampaikan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
     Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.
     Guru menanyakan wawasan peserta didik terkait tentang pentingnya menuntut ilmu.

b.    Kegiataninti (90 menit)
1)    Mengamati
     Siswa membaca bersama QS. Al Mujadalah 58:11, QS. Ar Rahman 55:33 dan hadits terkait tentang menuntut ilmu sesuai dengan ilmu tajwid
     LCD tentang QS. Al Mujadalah 58:11, QS. Ar Rahman 55:33 dan Mengamati hadits terkait tentang menuntut ilmu tentang bacaan dan tulisan sambil mengevaluasi bacaannya
2)    Menanya
     Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan kepada teman kelompok dan guru tentang hal- hal yang belum jelas dari pengamatan terhadap tayangan  LCD
     Peserta didik menanyakan potongan ayat yang mengandung hukum bacaan Al Syamsiyah dan Al Qamariyah
3)    Mengeksplorasi
     Siswa berkelompok, kemudian memilih salah satu diantara mereka yang fasih bacaan Al Qurannya menjadi tutor sebaya
     Masing-masing anggota kelompok membaca QS Al Mujadalah 58:11 dan QS Ar Rahman 55:33 secara bergantian dibimbing oleh tutor sebaya
     Siswa mencari informasi tentang hukum bacaan Al Syamsiyah dan Al Qamariah
4)    Asosiasi
     Siswa mengidentifikasi hukum bacaan Al Syamsiyah dan Al Qamariah
5)    Komunikasi
     Perwakilan anggota kelompok mendemonstrasikan bacaan QS Al Mujadalah 58:11 dan QS Ar Rahman 55:33 dan memaparkan temuan hukum bacaan Al Syamsiyah dan Al Qamariah
     Kelompok lain mengamati dan memberi penilaian terhadap bacaan QS Al Mujadalah 58:11 dan QS Ar Rahman 55:33 dan temuan hukum bacaan Al Syamsiyah dan Al Qamariah
c.    Penutup (15 menit)
     Guru bersama-sama para peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
     Guru memberikan reward kepada “kelompok peserta didik terbaik”.
     Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
     Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didik berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
     Guru bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.

3.         Pertemuan 3
a.    Pendahuluan (15 menit)
     Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
     Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Quran surah ayat pilihan yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik.
     Guru memperhatikan kesiapan diri peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapian pakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik.
     Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan  dengan  materi pembelajaran.
     Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
     Guru mengkondisikan peserta didik untuk duduk secara berkelompok.
     Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.
     Guru menggunakan pendekatan discovery learning
b.   Kegiatan inti ( 90 menit )
1)        Mengamati
        Secara bergantian peserta didik menyimak surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11.
        Satu persatu peserta didik membaca surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11.
        Di bawah bimbingan guru, peserta didik mengartikan Q.S. Ar-Rahman (55): 33 dan Q.S.Al- Mujadalah (58): 11 dan hadis terkait tentangmenuntut ilmu secara perkata dan keseluruhan.
2)        Menanya
        Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan kepada teman kelompok dan guru tentang hal- hal yang belum jelas dari pengamatan terhadap tayangan  LCD
3)        Mengeksplorasi
Game “Maching Card”, dengan cara:
     Dengan bimbingan guru, peserta didik mengkondisikan kelas untuk game.
     Guru membagikan secara acak kartu yang telah dipersiapkan yang berisi potongan-potongan ayat Q.S. Ar-Rahman (55):33, atau Q.S.Al- Mujadalah (58):11, atau hadits tentang ilmu pengetahuan dan arti dari potongan ayat atau hadits tersebut.
     (Game Pertama) Dengan aba-aba guru, peserta didik diminta untuk mencari pasangan potongan-potongan kertas yang berisi potongan-potongan ayat Q.S. Ar-Rahman (55): 33 dan Q.S.Al- Mujadalah (58): 11dan artinya yang tersebar di antara mereka
4)        Mengasosiasi
     Siswa diminta melafadzkan potongan ayat / hadits secara berurutan sehingga terbaca satu ayat / hadits yang utuh
5)        Mengkomunikasikan
     Secara berpasangan siswa mendemontrasikan hafalan, arti dan kandunganayat Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33, atau hadits tentang ilmu pengetahuan
c.    Penutup (15 menit)
     Guru melakukan post test terhadap pemahaman peserta didik selama proses pembelajaran.
     Guru bersama-sama para peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
     Guru memberikan reward kepada “peserta didik terbaik”.
     Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
     Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didik berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
     Guru bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa
4.         Pertemuan4
a.        Pendahuluan  (15 menit)
     Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
     Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Qur’ān surah pilihan yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik.
     Guru menanyakan wawasan peserta didik terkait tentang pentingnya menuntut ilmu.
     Guru menyampaikan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
     Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.
     Guru menggunakan pendekatan saintifik
b.        Kegiatan inti (90 menit)
1)        Mengamati
        Siswa mendengarkan bacaan surah ar-Rahman/55:33 , surah al-Mujadalah/58:11 dan hadits tentang menuntut ilmu yang di tayangkan di LCD
        Secara bergantian siswa menghafal dan menyimak hafalan surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 dan hadits tentang menuntut ilmu yang di tayangkan di LCD
2)        Menanya
        Siswa mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang belum jelas dari hasil menghafal QS Al Mujadalah 58:11, QS Ar Rahman 55:33 dan hadits tentang menuntut ilmu
3)        Mengeksplorasi
        Siswa menghafal bacaan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33 dan hadits secara bersama  kemudian menghafal bersama  di kelompok kelompok
4)        Mengasosiasi
        Siswa praktek menghafal satu persatu yang diamati oleh anggota kelompok dan memberi penilaian, secara bergilir
5)        Komunikasi
        Salah satu anggota kelompok mendemonstrasikan hafalan QS. Al-Mujadilah (58): 11 dan QS. Ar-Rahman (55): 33 dan hadits
        Kelompok lain mengamati dan memberi penilaian terhadap hafalan QS. Al-Mujadilah (58): 11 dan QS. Ar-Rahman (55): 33 dan hadits dari kelompok lain
c.         Penutup (15 menit)
        Guru melakukan post test terhadap pemahaman peserta didik selama proses pembelajaran.
        Guru bersama-sama para peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
        Guru memberikan reward kepada “peserta didik terbaik”.
        Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
        Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didik berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
        Guru bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa
5.         Pertemuan 5
a.        Pendahuluan  (15 menit)
  Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
  Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Qur’ān surah pilihan yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik.
  Guru menanyakan wawasan peserta didik terkait tentang pentingnya menuntut ilmu.
  Guru menyampaikan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
  Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.
  Guru membagi siswa menjadi 4 kelompok
  Guru menggunakan pendekatan berbasis masalah
b.        Kegiatan Inti (90 menit)
1.    Orientasi terhadap masalah
Guru menyajikan gambar-gambar tentang kemiskinan, kenakalan remaja, kebodohan dan perampokan
2.    Organisasi belajar:
     Masing-masing kelompok membuat 4 pertanyaan yang sesuai dengan gambar
     Kemudian gambar ditukar dengan kelompok lain
     Kelompok memilih 2 pertanyaan yang disukai dalam gambar tersebut
3.    Penyelidikan Individual maupun kelompok
     Dengan bimbingan guru, kelompok mencari jawaban atau solusi dari pertanyaan yang tadi dipilih
4.    Mengembangkan dan menyajikan hasil penyelesaian masalah
     Kelompok menyusun laporan hasil penyelesaian masalah
     Kelompok mempresentasikan laporannya kemudian ditanggapi oleh kelompok lain
5.    Analisis dan evaluasi proses penyelesaian masalah
     Masing-masing kelompok menyimpulkan hubungan gambar dengan pentingnya menuntut ilmu
c.    Guru memberikan penekanan tentang pentingnya orang yang memiliki ilmu pengetahuan
d.        Penutup (15 menit)
     Guru bersama-sama para peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
     Guru memberikan reward kepada “kelompok peserta didik terbaik”.
     Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
     Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didik berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
     Guru bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.
D.      PENILAIAN
1.    Sikap spiritual
                            a.     Teknik Penilaian               : Penilaian diri
                           b.     Bentuk Instrumen            : Lembar penilaian diri
                            c.     Kisi-kisi                            :
No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen

  1.  
Meyakini  bahwa semua ilmu bersumber dari Allah swt.
Terlampir

  1.  
Meyakini bahwa menuntut ilmu adalah perintah Allah swt.
Terlampir

  1.  
Meyakini bahwa umat Islam  wajib mempunyai ilmu pengetahuan.
Terlampir

  1.  
Meyakini bahwa setiap ilmu harus diamalkan
Terlampir

  1.  
Meyakini bahwa Allah swt memuliakan terhadap orang yang berilmu
Terlampir

Instrumen: Terlampir
2.    Sikap sosial
                            a.     Teknik Penilaian   : Penilaian Antar Teman
                           b.     Bentuk Instrumen            : Lembar Penilaian
                            c.     Kisi-kisi:
No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen

  1.  
Mengajarkan ilmu pengetahuan kepada temannya.
Terlampir

  1.  
Segera memberikan bantuan pemahaman ketika dimintai tolong temannya tentang pelajaran.
Terlampir

  1.  
Tidak pelit ketika temannya meminjam buku pelajaran.
Terlampir

  1.  
Tidak menyombongkan diri karena ilmu yang ia miliki.
Terlampir

  1.  
Tidak membeda-bedakan pergaulan dengan dasar kepandaian.
Terlampir

Instrumen: Terlampir

3.    Pengetahuan
                            a.     Teknik Penilaian   :Tes Lisan
                           b.     Bentuk Instrumen            : Lembar penilaian tes lisan
                            c.     Kisi-kisi                :
No.
Indikator
Butir Instrumen

  1.  
Dapat mengartikan Q.S. Ar-Rahman (55) ayat 33
Artikan Q.S. Ar-Rahman (55) ayat 33 dengan benar!

  1.  
Dapat mengartikan Q.S. Al- Mujadalah (58) ayat 11
Artikan Q.S. Al- Mujadalah (58) ayat 11 dengan benar!

  1.  
Dapat mengartikan salah satu hadits yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan
Artikan salah satu hadits yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan!

Instrumen: Terlampir




4.    Keterampilan
                            a.     Teknik Penilaian               : Performance
                           b.     Bentuk Instrumen            : Praktik
                            c.     Kisi-kisi                            :
No.
Keterampilan
Butir Instrumen

  1.  
Dapat membaca Q.S. Ar-Rahman (55) ayat 33
Bacalah Q.S. Ar-Rahman (55) ayat 33 dengan tartil!

  1.  
Dapat membaca Q.S. Al- Mujadalah (58) ayat 11
Bacalah Q.S. Al- Mujadalah (58) ayat 11 dengan tartil !

Instrumen: Terlampir                                                                                               
                                                                              Mengetahui;                                       
Kepala Sekolah,                                                                      PAI dan Budi Pekerti,                                               


Mucikno, S.Pd, M.Pd            
NIP.19690610 199403 1 006                   
                                   













Kedungwuni, 18  Juli 2016

Guru Mata Pelajaran


Wiwik Widyoretno, S.Pd.I
NIP. 19810723 200801 2 018









LAMPIRAN-LAMPIRAN:

Lampiran 1       : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Spiritual)

Nama Siswa
Kelas / Semester
:
:
..........................................
VII / Ganjil
TeknikPenilaian
:
Penilaiandiri.
Penilai
:
Lembar penilaian diri

NO.
PERNYATAAN
PILIHAN JAWABAN
SKOR

Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju

1
Bahwa semua ilmu bersumber dari Allah swt.






2
Bahwa menuntut ilmu adalah perintah Allah swt.






3
Bahwa umat Islam  wajib mempunyai ilmu pengetahuan.






4
Bahwa setiap ilmu harus diamalkan






5
Bahwa Allah swt memuliakan terhadap orang yang berilmu






JUMLAH SKOR






KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR

Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------------- X  100  =   --------- 
Skormaksimal



CATATAN: 
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………














……………………., Tanggal : ……..……...
Siswa yang bersangkutan



(……………………………………………….)









Lampiran 2     : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Sosial)
Nama Siswa yang dinilai
Kelas / Semester
:
:
..........................................
VII / Ganjil
TeknikPenilaian
:
Penilaian antar teman .
Petunjuk:
a.     Dibuat kelompok dengan anggota masing-masing 5 – 10 orang
b.     Tiap-tiap kelompok berdiskusi untuk menilai setiap anggota kelompok lain
c.     Membuat rekap penilaian untuk tiap-tiap Peserta didik

NO.
PERNYATAAN
PILIHAN JAWABAN
SKOR

Selalu
Sering
Kadang-
kadang
TidakPernah

1
Suka mengajarkan ilmu pengetahuan kepada temannya.






2
Segera memberikan bantuan pemahaman ketika dimintai tolong temannya tentang pelajaran.






3
Tidak pelit ketika temannya meminjam buku pelajaran.






4
Tidak menyombongkan diri karena ilmu yang ia miliki.






5
Tidak membeda-bedakan pergaulan dengan dasar kepandaian.






JUMLAH SKOR






KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR

Selalu
Sering
Kadang-kadang
Tidak pernah
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------------- X  100  =   ---------         
Skormaksimal



CATATAN: 
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………















……………………., Tanggal : ……..……...
Ketua kelompok


(……………………………………………….)
Lampiran 3     : Instrumen Penilaian (Aspek Pengetahuan)

Kelas / Semester
:
VII / Ganjil
KompetensiDasar
:
Memahami isi kandungan surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 sertahadis yang terkait tentang menuntut ilmu.
Indikator
:
Menyebutkan arti surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu.
TeknikPenilaian
:
Lisan.
Penilai
:
Guru
No.
Indikator
Instrumen
1.
Mengartikan QS. Al Mujadilah (58): 11


Artikan QS. Al Mujadilah (58): 11 berikutini   !
2.
Mengartikan QS. Ar-Rahman (55): 33



Artikan QS. Ar-Rahman (55): 33  berikutini!


 


3.
Mengartikan Al-Hadits tentang menuntut ilmu
Artikan Al-Hadits tentang menuntut ilmu di bawahini !


 





No
Jawaban
1.
Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamukerjakan.
2.
Wahai jama'ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, Maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan.

3.
Barang siapa menghendaki dunia raihlah dengan ilmu, dan barang siapa yang menghendaki akhirat raihlah dengan ilmu dan barang siapa yang menghendaki keduanya raih pula dengan ilmu

RUBRIK PENILAIAN
No.
Nama Surat
Kriteria
Skor
Sangat Lancar
Lancar
Kurang Lancar
Tidak Lancar
1
QS. Al Mujadalah (58): 11





2
QS. Ar-Rahman (55): 33





3
Salah Satu Hadits tentang Ilmu Pengetahuan





JUMLAH SKOR





KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR
Sangat Lancar
Lancar
Kurang Lancar
TidakLancar
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------------- X  100  =   ---------                             
Skormaksimal



































Lampiran 4     : Instrumen Penilaian (Aspek Ketrampilan)

NamaPesertadidik
:
…………………………………………………
Kelas / Semester
:
VII / Ganjil
KompetensiDasar
:
Membaca surahar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11, dengantartil
TeknikPenilaian
:
Performance


Penilai
:
Guru
No.
Indikator
Instrumen
1.
Membaca QS. Al Mujadilah (58): 11


Artikan QS. Al Mujadilah (58): 11 berikutini   !
2.
Membaca QS. Ar-Rahman (55): 33



Artikan QS. Ar-Rahman (55): 33  berikutini!


 


RUBRIK PENILAIAN
NO.
NAMA SURAT
KRITERIA
SKOR
FASIH
TARTIL
KURANG TARTIL
TIDAK TARTIL
1
QS. Al Mujadalah (58): 11





2
QS. Ar-Rahman (55): 33





JUMLAH SKOR





KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR
Fashih
Tartil
Kurang Tartil
TidakTartil
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------------- X  100  =   ---------         
Skor maksimal



CATATAN GURU
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………











Tidak ada komentar:

Posting Komentar