Menu

Minggu, 27 November 2016

RPP BAB 3: SEMUA BERSIH HIDUP JADI NYAMAN



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Sekolah                          : SMP Negeri 1 Kedungwuni
Mata Pelajaran               : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/ Semester              : VII/1
Materi Pokok                 : Semua Bersih Hidup jadi Nyaman
Alokasi Waktu               : 2 pertemuan (6 JP)
A.      Kompetensi Inti
KI 1
KI 2   
:
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudutpandang/teori.

B.     KOMPETENSI DASAR
1.7  Menghayati ajaran bersuci dari hadas kecil dan hadas besar berdasarkan syariat Islam.
2.7  Menunjukkan perilaku hidup bersih sebagai wujud ketentuan bersuci dari hadas besar berdasarkan ketentuan syariat.
3.7  Memahami ketentuan bersuci dari hadas besar berdasarkan ketentuan syariat Islam.
4.7  Menyajikan cara bersuci dari hadas besar.
C.    INDIKATOR
1.7.1 Mematuhiajaran bersuci dari hadas kecil dan hadas besar berdasarkan syariat Islam.
1.7.2 Mematuhi ajaran bersuci dari najis berdasarkan syariat Islam.
2.7.1 Membiasakan diri dengan perilaku hidup bersih di lingkungan rumah.
2.7.2 Membiasakan diri dengan perilaku hidup bersih di lingkungan sekolah.
3.7.1 Menjelaskan pengertian taharah.
3.7.2 Menyebutkan pembagian najis.
3.7.3 Menyebutkan contoh-contoh najis.
3.7.4 Menjelaskan cara menyucikan najis.
3.7.5 Menyebutkan pembagian hadas.
3.7.6 Menyebutkanhal-hal yang menyebabkan hadas kecil.
3.7.7 Menyebutkanhal-hal yang menyebabkan hadas besar.
3.7.8 Menyebutkan rukun wudu.
3.7.9 Menyebutkan rukun mandi wajib.
4.7.1 Menyajikan bagan ketentuan tentang hadas besar.
4.7.2 Memperagakantata cara mandi wajib.
D.    Materi Pembelajaran
Pertemuan ke-1
a.    Pengertian taharah.
b.    Macam-macam najis dan contohnya.
c.    Cara menyucikan najis.
Pertemuan ke-2
a.       Pengertian dan macam-macam hadas.
b.      Hal-hal yang menyebabkan hadas kecil.
   c.    Hal-hal yang menyebabkan hadas besar.
   d.    Rukun wudlu.
                 e.    Rukun mandi wajib
E.     Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran    
1.      Pertemuan ke-1
                       a.     Pendahuluan  (10 menit)
1)        Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
2)        Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Qur’ān surah pilihan yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik.
3)        Guru memberikan tausiyah yang berhubungan dengan thaharah.
4)        Guru menyampaikan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
5)        Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.
                       b.     Kegiatan inti (90 menit)
Orientasi
1)      Guru mengondisikan suasana belajar dengan game tepuk tangan.
2)      Guru membagi siswa menjadi3 kelompok.

Merumuskan masalah
3)      Disediakan gambar untuk 3 kelompok, gambar binatang anjing, bangkai tikus, danbayi laki-laki pipis.
4)      Masing-masing kelompok menuliskan masalah terkait dengan gambar yang diterima dihubungkan dengan najis. Jika diperlukan untuk memudahkan,siswa dibimbing dengan menggunakan kata tanya “apakah”, “bagaimana”, dan “mengapa”. Tiap kelompok menuliskan minimal 2 masalah.

Merumuskan hipotesis
5)      Gambar dan rumusan masalah dirotasi dengan kelompok yang lain.
6)      Kelompok yang menerima mencermati dan mememilih 1 masalah yang paling menarik untuk bisa diselesaikan.

Mengumpulkan data
7)      Tiap kelompok mencari data/ informasi yang diperlukan dari berbagai sumber.
8)      Tiapkelompok menginventarisasi dan menuliskan berbagai alternatif jawaban/ penyelesaian dari masalah tersebut.

Menguji hipotesis
9)      Mendiskusikan berbagai alternatif jawaban untuk dipilih yang paling tepat.

Merumuskan simpulan
10)                        Tiap kelompok merumuskan simpulan dan disajikan dalam bentuk gambar dan informasi.
11)  Tiap kelompok memajang hasilnya pada dinding kelas.

                       c.     Penutup (20 menit)
                                    1)     Guru memberikan apresiasi dan penguatan materi.
                                    2)     Guru bersama peserta didik merumuskan simpulan.
                                    3)     Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
                                    4)     Guru menyampaikan kegiatan yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.
                                    5)     Guru bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.


2.      Pertemuan ke-2
                            a.Pendahuluan  (10 menit)
1)        Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
2)        Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Qur’ān surah pilihan yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik.
3)        Guru memberikan tausyiah kepada peserta didik terkait tentang  hadas.
4)        Guru menyampaikan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
5)        Peserta didik dibagi menjadi tiga kelompok, masing- masing kelompok terdiri dari 6 orang peserta didik.
6)        Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.
                    b.        Kegiatan inti (90 menit)
Mengamati
1)        Setiap kelompok mendapatkan amplop berisi kartu-kartu ketentuan hadas besar dan hadas kecil, membuka, dan mencermati isinya.
Menanya
2)        Berdasarkan kartu-kartu yang diterima,setiap kelompok diberi kesempatan saling bertanya mengenai ketentuan hadas besar dan hadas kecil.
Mengeksplorasi
3)        Setiap kelompok menyusun dengan benar kartu-kartu yang diterima ditempel pada kertas plano.
4)        Hasil masing-masing kelompok ditanggapi oleh ke kelompok lain dengan cara berkunjung/berbelanja
Mengasosiasi
5)        Setiap kelompok membuat paparan mengenai tata cara mandi wajib yang disajikan dalam bentuk gambar dan keterangan.
Mengomunikasikan
6)        Setiap kelompok menunjuk salah satu anggotanya untuk menjadi “penjaga rumah”. Sedangkan yang lain bertugas berkunjung ke setiap “rumah” kelompok lain untuk melihat dan mencari informasi dari paparan kelompok lain.
7)        Setelah usai berkunjung ke kelompok lain, siswa kembali ke kelompok masing-masing untuk menginformasikan hasil berbelanja kepada penjaga “rumah”.
8)        Secara bergantian masing-masing kelompok memberikan komentar atau tanggapan terhadap setiap kelompok yang dikunjungi.
9)        Kelompok lainnya memperhatikan/menyimak dan memberikan tanggapan balik.
                       c.     Penutup (20 menit)
                                    1)     Guru memberikan penguatan materi dan apresiasi.
                                    2)     Guru dan siswa menyimpulkan materi hadas besar dan kecil.
                                    3)     Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
                                    4)     Guru memberikan reward kepada kelompok terbaik.
                                    5)     Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
                                    6)     Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didik berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
                                    7)     Guru bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.

F.     Penilaian, Remedial dan Pengayaan
1. Penilaian
a.       Teknik Penilaian:
1)        Aspek sikap : Observasi, penilaian diri, penilaian antar teman
2)        Aspek Pengetahuan: Tes tertulis, penugasan
3)        Aspek Keterampilan: Kinerja
b.      Instrumen penilaian dan pedoman perskoran :
1)   Pertemuan pertama
a.       Sikap ( Terlampir )
b.      Pengetahuan ( Terlampir )
c.       Ketrampilan ( Terlampir )
2. Pengayaan
Peserta didik yang sudah menguasai materi, diminta mempelajari hikmah thaharah kemudian mengerjakan soal pengayaan berupa hikmah thaharah. (Soal terlampir ).
3. Remedial
Peserta didik yang belum menguasai materi diajarkan kembali dengan cara yang lebih sederhana dan dilakukan penilaian kembali tentang taharah yang dilaksanakan diluar jam pelajaran setelah pulang    sekolah. ( Soal terlampir ).
G.    Media/Alat,Bahan  dan Sumber Pembelajaran
             1.          Media/alat
a.         Presentasi Power Point
b.        Gambar
c.         Speaker active
d.        LCD/TV/Laptop
             2.          Bahan
                               a.      Kertas plano
                               b.      Lem/dobel tip
             3.          Sumber Belajar
a.       Departemen Agama RI. 2005. al-Qur’āndan Terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama RI.
b.      Muhammad Ahsan dan Sumiyati,2014. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VIII/ Buku Siswa . Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
c.       Muhammad Ahsan dan Sumiyati, 2014. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VIII/Buku Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
                                                                                               


Kedungwuni, 18  Juli 2016
Mengetahui;                                                                            Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah,                                                                      PAI dan Budi Pekerti,           

                                                                                               
Mucikno, S.Pd, M.Pd                                                             Wiwik Widyoretno, S.Pd.I
NIP. 19690610 199403 1 006                                                            NIP. 19810723 200801 2 018

                                                                       











LAMPIRAN-LAMPIRAN:
Lampiran 1     : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Spiritual)
Nama Peserta didik
:
........................................................
NIS
:
........................................................
Kelas
:
........................................................
Indikator
:
Mematuhi ajaran bersuci dari hadas kecil dan hadas besar berdasarkan syariat Islam.
Mematuhi ajaran bersuci dari najis berdasarkan syariat Islam
Teknik Penilaian
:
Observasi, penilaian diri, penilaian antar peserta didik
Penilai
:
Guru, diri sendiri, antar peserta didik
Rubrik penilaian
:

a.      Jurnal

No.
Hari/ Tanggal
Nama
Catatan Kejadian
Butir sikap
Tindak lanjut

1







2










b.   Penilaian Diri
Sikap yang dinilai   :  .

No.
Pernyataan
Jawaban
Ya
Tidak
1
Saya mematuhi ajaran bersuci dari hadas kecil


2
Saya mematuhi ajaran bersuci dari hadas besar


3
Saya mematuhi ajaran bersuci dari najis




c.    Penilaian Antar Peserta Didik
Nama Pesrta didik                       :
Sikap Spiritual yang diamati        :  Sikap Iman Kepada  Allah Swt.

No.
Aspek Pengamatan
Jawaban
Ya
Tidak
1
Temansaya mematuhi ajaran bersuci dari hadas kecil


2
Temansaya mematuhi ajaran bersuci dari hadas besar


3
Temansaya mematuhi ajaran bersuci dari najis



























Lampiran 2     : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Sosial)
Nama Peserta didik
:
........................................................
NIS
:
........................................................
Kelas
:
........................................................
Indikator
:
Membiasakan diri dengan perilaku hidup bersih di lingkungan rumah..
Membiasakan diri dengan perilaku hidup bersih di lingkungan sekolah
Teknik Penilaian
:
Observasi, penilaian diri, penilaian antar peserta didik
Penilai
:
Guru, diri sendiri, antar peserta didik
Rubrik penilaian
:



a.      Jurnal
No.
Hari/ Tanggal
Nama
Catatan Kejadian
Butir sikap
Tindak lanjut

1







2










b.   Penilaian Diri
Sikap yang dinilai   :  .
No.
Pernyataan
Jawaban
Ya
Tidak
1
Sayamembuangsampahpadatempatnya.


2
Sayamelaksanakantugaspiketkelas.


3
Sayamembantumembersihkan musholla sekolah




c.    Penilaian Antar Peserta Didik
Nama Peserta didik                      :
Sikap Spiritual yang diamati        :  Sikap Iman Kepada  Allah Swt.

No.
Aspek Pengamatan
Jawaban
Ya
Tidak
1
Teman saya membuang sampah pada tempatnya.


2
Teman saya melaksanakan tugas piket kelas.


3
Teman saya membantu membersihkan musholla sekolah


























3.Lampiran : instrumen penilaian aspek  Pengetahuan
Tes tertulis
      1. Jelaskan  pengertian Thoharoh!
      2. Sebutkan pembagian najis!
      3. Sebutkan contoh najis mukhoffafah!
      4. Jelaskan cara mensucikan najis mukhoffafah!
      5. Sebutkan pembagian hadas!
      6. Sebutkan hal-hal yang menyebabkan hadas kecil!
      7. Sebutkan hal-hal yang menyebabkan hadas besar!.
      8. Sebutkan rukun wudu!
      9. Sebutkan rukun mandi wajib!
Kunci jawaban(terlampir)























Lampiran 4     : Penilaian keterampilan
Nama
:
.........................................................
Kelas
:
........................................................
Indikator
:

Teknik Penilaian
:
Kinerja
Penilai
:
Guru
Rubrik penilaian
:


NO.
ASPEK YANG DINILAI
SKOR
1
Kualitas tampilan antar mukapaparan
25
2
Kualitas isi paparan
25
3
Performa/penampilan saat memaparkan
25
4
Tanya jawab
25

SKOR MAKSIMAL
100
















Lampiran 4:Soal Pengayaan
Kerjakan soal berikut !
1.      Jelaskan hikmah bersuci dari najis!
2.      Jelaskan hikmah bersuci dari hadas besar!
3.      Jelaskan hikmah bersuci dari hadas kecil!





Kunci :
1.    Mendidik manusia agar terbiasa hidup bersih
2.    Menjaga kebersihan berarti menjaga diri dari timbulnya penyakit
3.    Bersuci adalah sebagian dari iman, sebagaimana sabda Nabi saw. yang artinya:
"Bersuci adalah sebagian dari iman."




















Lampiran 5: Soal Remedial
Kerjakan soal berikut !
1.      Sebutkanhal-hal yang menyebabkan mandi wajib!
2.      Sebutkan rukun mandi wajib!
3.      Ceritakan tatacara mandi wajib!





Kunci :
1.      Keluarnya sperma, berhubungan suami istri, haid dan nifas
2.      Niat
Menghilangkan najis di badan sama ada yang jelas (‘ayni) atau tidak jelas (hukmi)
Menyampaikan air ke seluruh anggota badan dari hujung rambut sehingga ke hujung kaki.
Dimulai dengan niat untuk menghilangkan hadas besar. Mulailah segala sesuatu hal dengan niat. Bisa bahasa Arab atau bahasa Indonesia saja. Membersihkan telapak tangan sebanyak 3x lalu bercebok  Membersihkan      kemaluan serta kotoran yang ada disekitarnya hingga bersih dengan tangan kiri. Mencuci tangan setelah membersihkan kemaluan dengan menggosokkan tangan ke tanah atau dengan menggunakan sabun. Berwudhu dengan wudhu yang sempurna seperti ketika hendak shalat. Mengguyur air pada kepala sebanyak 3 kali hingga sampai ke pangkal rambut. Mencuci kepala bagian kanan, lalu kepala bagian kiri. Menyela-nyela (menyilang-nyilang) rambut dengan jari. Mengguyur air pada seluruh badan dimulai

2 komentar: